PENGERTIAN TUAK


  • Pengertian tuak itu apa sih ?
  • Apa itu tuak ? Apa arti kata tuak ?
  • Apa yang dimaksud dengan tuak ?
  • Apa manfaat minum tuak bagi kesehatan ?
  • Apa bahaya minum tuak bagi kesehatan?

Pengertian Tuak


Pengertian Tuak Menurut Para Ahli

Arti tuak adalah :

Pengertian tuak adalah minuman beralkohol khas Batak yang terbuat dari batang aren atau batang kelapa yang diambil airnya lalu dicampurkan dengan raru. Selain itu ada pula tuak yang sama sekali tidak dicampur dengan raru yaknik tuak tangkasan. Tuak tangkasan ini pada zaman dahulu sering dipakai dalam upacara adat. (Ikegemi : 1997)

Pengertian tuak adalah suatu jenis cairan yang dihasilkan dari nira kelapa atau jenis pohon penghasil nira lainnya seperti siwalan, lontar dan aren yang disadap dan kemudian hasil sadapannya tersebut didiamkan selama beberapa hari. Nira rasanya manis, tidak berwarna serta berwarna harum jika masih keadaan segar. (Muchtadi TR Sugiono : 1992)


Pengertian tuak – Sebagian teman-teman mungkin tahu atau setidaknya pernah mendengar istilah tuak, yaitu salah satu jenis minuman beralkohol racikan dalam negeri. Secara umum kandungan alkohol dalam tuak cukup rendah sehingga ketika diminum sedikit tidak langsung menyebabkan seseorang menjadi mabuk seperti rum, bir, atau minuman beralkohol tinggi lainnya.

Secara umum, pengertian tuak adalah sebutan untuk minuman yang terbuat dari beras, nira (cairan manis), atau minuman/buah lain yang mengandung gula yang difermentasikan. Bahan pokok pembuat tuak yang paling umum adalah nira yang berasal dari pohon enau atau nipah serta legen yang berasal dari pohon tal atau siwalan.

Minuman tuak identik dengan daerah Medan, Sumatera Utara karena di sana meminum tuak dapat dikatakan sebagai budaya yang telah melekat di masyarakat. Di kedai-kedai atau yang disebut lapo tidak lengkap rasanya jika tidak menghidangkan tuak, bahkan banyak lapo-lapo tuak yang menyajikan tuak sebagai menu utamanya.

Meminum tuak sudah menjadi kebiasaan bagi bapak-bapak atau para pemuda ketika berkumpul melepas lelah setelah seharian bekerja. Bahkan dalam berbagai acara adat seperti pernikahan dan acara pemakaman tuak juga selalu disajikan sebagai pelengkap upacara adat. Masyarakat suku lain yang juga gemar meminum tuak dan menjadi budaya mereka adalah masyarakat suku Toraja di Sulawesi Selatan.

Lalu apa manfaat minum tuak untuk kesehatan ? Ada beberapa alasan mengapa seseorang meminum tuak, diantaranya karena tuak dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, menghangatkan, dan menyegarkan badan. Tuak juga digunakan sebagai alat untuk bersosialisasi dengan lingkungan. Seperti yang kita ketahui tuak sudah menjadi budaya daerah Batak sehingga untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat Batak salah satunya dengan ikut minum tuak bersama mereka.

Ada daerah-daerah di Indonesia yang terkenal akan produksi tuak meskipun masyarakatnya tidak gemar meminum tuak, contohnya seperti beberapa daerah di pulau Madura dan kabupaten Seluma di Provinsi Bengkulu. Usaha pembuatan tuak sudah menjadi mata pencaharian kebanyakan masyarakat di sana. Ada beragam jenis tuak yang beredar di pasaran dengan kadar alkohol yang berbeda-beda. Salah satu tuak dengan kadar alkohol cukup tinggi adalah tuak buatan daerah Bali yang disebut Brem Bali.

Adapun bahaya minum tuak bagi kesehatan terlebih jik diminum tiap hari adalah sebagai berikut :

  • Mengganggu fungsi otak.
  • Menghambat aliran darah ke otak.
  • Peradangan lambung.
  • Mengganggu fungsi jantung.
  • Keracunan, muntah dan kejang.
  • Merusak sel hati.

Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tuak dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian titik didih dan titik beku 🙂