PENGERTIAN TUAN RUMAH


  • Pengertian tuan rumah itu apa sih ?
  • Apa itu tuan rumah ? Apa arti kata tuan rumah ?
  • Apa yang dimaksud dengan tuan rumah ?
  • Apa pengertian tuan rumah definitif ?
  • Apa pengertian tuan rumah paratenik ?

Pengertian Tuan Rumah


Pengertian Tuan Rumah Menurut Para Ahli

Arti tuan rumah adalah :

Pengertian tuan rumah adalah pihak penyelenggara suatu acara ; atau orang yang punya rumah dalam suatu hajatan.

Pengertian tuan rumah definitif adalah inang tempat parasit memperbanyak diri dan hidup pada stadium dewasa.

Pengertian tuan rumah perantara adalah inang tempat parasit melakukan multiplikasi atau tempat stadium larva tinggal & menjalani proses pendewasaan.

Pengertian tuan rumah paratenik adalah inang dimana parasit hanya terdapat pada stadium larva dan tidak bisa berkembang menjadi stadium dewasa (stadium infektif).


Ketika kita mengunjungi rumah seseorang hal pertama yang kita lakukan adalah menemui dan menyalami tuan rumah. Ini menunjukkan sopan santun kita sebagai tamu. Secara sederhana pengertian tuan rumah adalah pemilik rumah yang cenderung ditujukan kepada kepala keluarga di rumah tersebut. Namun secara umum pengertian tuan rumah adalah semua orang yang tinggal dan merupakan anggota keluarga di rumah tersebut. Sehingga istri dan anak-anak juga disebut sebagai tuan rumah. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai pemilik suatu negeri atau penduduk asli suatu negeri.

Istilah tuan rumah juga ditujukan kepada orang atau daerah/negara yang menyelenggarakan suatu acara, even, atau perjamuan. Seperti orang yang mengadakan acara pernikahan atau jamuan makan di rumahnya. Dalam skala yang lebih besar seperti negara yang menyelenggarakan even-even olahraga, contohnya tuan rumah Piala dunia, tuan rumah Piala AFF, dan lain sebagainya.

Menjadi tuan rumah sebuah acara/even tentu memiliki keuntungan tersendiri, diantaranya ada hak-hak istimewa yang didapatkan, meningkatkan gairah perekonomian karena daerah tersebut akan ramai dikunjungi orang dari berbagai daerah, memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk dan budaya daerah kepada pengunjung, serta keuntungan-keuntungan lainnya.

Untuk menjadi tuan rumah suatu even terutama even berskala nasional dan internasional diperlukan syarat dan kualifikasi tertentu. Apalagi menyangkut even-even olahraga yang membutuhkan kesiapan dan kelengkapan sarana dan prasarana seperti lapangan olahraga yang sesuai standar, kemampuan daerah atau negara penyelenggara membiayai even tersebut, penyediaan sarana transportasi, akomodasi, kesehatan, konsumsi, dan media yang memadai, prestasi daerah atau negara tersebut dalam even yang diadakan, serta faktor keamanan.

Berkaitan dengan istilah tuan rumah, sebagian teman-teman mungkin pernah mendengar ungkapan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Ungkapan ini biasanya untuk menyatakan bahwa identitas asli kita sebagai sebuah bangsa sudah tergerus dan digantikan oleh budaya bangsa lain dimana segala sesuatu yang datang dari luar justru disambut dan diagung-agungkan jauh melebihi budaya atau produk asli negeri sendiri. Misalnya ketika dulu perfilman Indonesia masih terpuruk, jika kita mendatangi bioskop-bioskop film-film yang laris manis adalah film-film dari luar, sementara film dalam negeri kurang diminati dan sepi penonton.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tuan rumah dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tuan rumah secara umum ya ! Lihat juga pengertian tuberkulosis 🙂