PENGERTIAN TUAN TANAH


  • Pengertian tuan tanah itu apa sih ?
  • Apa itu tuan tanah ? Apa arti kata tuan tanah ?
  • Apa yang dimaksud dengan tuan tanah ?
  • Tuan tanah artinya apa ? Apa arti ungkapan tuan tanah ?

Pengertian Tuan Tanah


Pengertian Tuan Tanah Menurut Para Ahli

Arti tuan tanah adalah :

Pengertian tuan tanah adalah pemilik tanah atau lahan pertanian yang biasa digunakan oleh para petani dan buruh tani. Petani adalah orang yang memanfaatkan lahan pertanian sedangkan buruh tani adalah orang yang dipekerjaan untuk mengolah tanah pertanian tersebut. (Maryati & Suryawati : 2004)


Pengertian tuan tanah – Apa yang terpikirkan oleh teman-teman ketika mendengar istilah tuan tanah? Seseorang yang kejam, selalu ingin dihormati, kolot, suka menzalimi orang miskin dengan meminjamkan uang berbunga tinggi, senang menzalimi pekerja dengan memberikan upah rendah, serta perilaku-perilaku negatif lainnya?

Sebenarnya istilah ini bersifat netral, hanya saja karena kebanyakan berita atau fakta sejarah yang kita dengar mengenai tuan tanah adalah berita-berita negatif mengenai kekejaman tuan tanah yang suka mengeksploitasi pekerja dan memonopoli hasil pertanian, atau kebanyakan film/sinetron yang kita tonton mengangkat kisah kekejaman tuan tanah terhadap orang miskin sehingga persepsi kita mengenai tuan tanah menjadi negatif. Padahal sama seperti manusia biasa, ada tuan tanah yang baik dan ada tuan tanah yang tidak baik.

Secara umum, pengertian tuan tanah adalah julukan kepada seseorang yang memiliki tanah pribadi yang sangat luas. Atau bisa juga seseorang yang memiliki banyak properti seperti rumah kontrak/sewa, penginapan, pemondokan, dan lain sebagainya. Tanah pribadi yang dimiliki tuan tanah dapat berupa tanah untuk lahan pertanian atau tanah untuk pemukiman yang di atasnya dibangun rumah atau bangunan untuk disewakan. Untuk mengerjakan lahan pertaniannya biasanya tuan tanah mempekerjakan masyarakat sekitar sebagai petani penggarap.

Tuan tanah ada yang tinggal, menetap, dan membangun rumah di sekitar area tanah yang dimilikinya. Hal ini dapat kita lihat di desa-desa dimana ada tuan tanah yang tinggal di sana dan memiliki kepemilikan sebagian besar tanah di desa tersebut.  Tuan tanah tipe ini biasanya mengawasi langsung aktivitas para pekerja di tanah miliknya.

Ada juga tuan tanah yang tidak tinggal di daerah dimana ia memiliki tanah namun lebih suka tinggal di tempat lain seperti di perkotaan dan hanya pulang sesekali untuk menengok dan mengawasi propertinya atau sekedar untuk berlibur. Mereka biasanya mempekerjakan pengawas atau orang kepercayaan untuk mengurus semua bisnisnya di desa. Tuan tanah tipe ini biasanya lebih suka tinggal di perkotaan karena lebih mudah mengakses berbagai kebutuhan seperti internet, pusat perbelanjaan, tempat refreshing, pendidikan berkualitas, dan lain sebagainya. Atau bisa juga karena memiliki bisnis di tempat lain yang mengharuskan ia tinggal di sana.

Dalam konteks kenegaraan, ternyata ada juga lho negara yang disebut sebagai tuan tanah. Tuan tanah sebutan untuk negara Argentina. Lantas mengapa negara Argentina disebut sebagai negara tuan tanah ? Hal ini dikarenakan Argentina banyak memiliki tanah yang luas dan subur.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai arti ungkapan tuan tanah. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tuan tanah secara umum ya ! Lihat juga pengertian tuak 🙂