PENGERTIAN TUBEKTOMI PADA WANITA


  • Pengertian tubektomi itu apa sih ?
  • Apa itu tubektomi ? Apa arti kata tubektomi ?
  • Apa yang dimaksud dengan tubektomi ?
  • Bagaimana cara kerja tubektomi ?
  • Apa efek samping tubektomi pada wanita ?

Pengertian Tubektomi


Pengertian Tubektomi Menurut Para Ahli

Arti tubektomi adalah :

Pengertian tubektomi adalah tindakan pemotongan dan pengikatan pada kedua saluran telur wanita sehingga mengakibatkan orang tersebut tidak bisa mendapatkan keturunan lagi. (Mansjoer : 2001)

Definisi tubektomi adalah suatu prosedur bedah sukarela yang bertujuan untuk menghentikan kesuburan/fertilitas seorang wanita yang dilakukan dengan cara eksisi atau dengan cara menghambat tuba fallopi yang akan membawa ovum dari ovarium menuju ke uterus. Manfaat kontrasepsi tubektomi adalah untuk mencegah ovum dibuahi oleh sperma di tuba fallopi. (Everett : 2008)

Pengertian tubektomi adalah suatu tindakan oklusi atau pengambilan sebagian saluran telur pada wanita untuk mencegah terjadinya proses fertilisasi. Dengan tubektomi maka fertilitas akan terhenti secara permanen. (Saifuddin : 2006)


Pengertian tubektomi – Peningkatan jumlah penduduk bumi yang signifikan dari tahun ke tahun yang tidak diikuti dengan ketersediaan bahan makanan yang memadai membuat pemerintah di berbagai negara mulai mensosialisasikan pengurangan jumlah kelahiran untuk mengendalikan jumlah penduduk. Hal ini didukung pula oleh makin tidak stabilnya ekonomi sehingga banyak pasangan yang merasa khawatir tidak dapat membiayai kehidupan anaknya kelak dengan baik dan memutuskan untuk membatasi jumlah anak.

Coba saja perhatikan jumlah anak ibu kita dan teman-teman seangkatannya, mereka memiliki sekitar 5-9 orang anak bahkan lebih. Bandingkan dengan zaman sekarang dimana kebanyakan pasangan membatasi jumlah anak cukup 2-3 orang saja.

Untuk itu hadirlah berbagai metode kontrasepsi untuk mencegah, menunda, atau menjaga jarak kehamilan, mulai dari mengonsumsi pil KB, suntikan, dan lain sebagainya. Ada metode kontrasepsi yang sifatnya sementara, namun ada pula yang bersifat permanen dimana dengan menerapkan metode tersebut seorang pria ataupun wanita tidak akan bisa lagi memiliki keturunan atau yang disebut juga dengan mandul. Salah satunya tubektomi atau tubal ligation.

Secara umum, pengertian tubektomi adalah kontrasepsi yang dilakukan pada wanita dengan cara mengikat dan memotong tuba fallopi (saluran indung telur) sebagai tempat atau saluran dimana sel telur menunggu sel sperma untuk dibuahi. Seorang wanita memiliki sepasang tuba fallopi dimana sel telur yang dihasilkan ovarium menunggu sel sperma di sini. Kemungkinannya ada dua, terjadi pembuahan dan kemudian kehamilan atau sel telur akan hancur dan mati yang kemudian menjadi darah haid.

Dengan memotong tuba fallopi, sel telur dari ovarium tidak dapat masuk ke tuba faloppi dan menutup kesempatan sel telur tersebut untuk dibuahi sehingga seorang wanita tidak akan bisa hamil.

Dengan melalukan tubektomi seorang wanita dapat dikatakan steril dari kehamilan atau mandul. Karena bersifat permanen maka sebaiknya metode kontrasepsi ini dipertimbangkan dengan baik sebelum dijalankan. Meskipun tuba fallopi tersebut bisa disambung kembali namun tingkat kesuburan atau fertilitasnya tidak akan kembali seperti sebelumnya. Jika kondisinya memang benar-benar darurat dimana jika wanita tersebut hamil akan dapat membahayakan jiwanya dan calon anaknya maka metode ini dapat menjadi pilihan.

Lalu apa saja jenis tubektomi pada wanita? Jenis tubektomi pada wanita antara lain :

  • Minilaporatomi yaitu sterilisasi tuba yang dilakukan melalui suatu insisi suprapubik kecil, panjangnya sekitar 3-5 cm. Metode tubektomi ini sangat sederhana dan yang paling sering dilakukan.
  • Laparoskopi yaitu pemeriksaan endoskopik dari bagian dalam rongga peritoneum dengan menggunakan alat laparoskop yang dimasukkan lewat dinding anterior abdomen. Salah satu keuntungannya yakni prosesnya cepat sekitar 5 s/d 15 menit saja.

Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tubektomi pada wanita. Mudah-mudahan kalian bisa memahami jenis tubektomi pada wanita & cara kerja tubektomi secara umum ya ! Lihat juga pengertian tuan tanah 🙂