PENGERTIAN TUBERKULOSIS


  • Pengertian tuberkulosis paru itu apa sih ?
  • Apa itu itu tuberkulosis paru ?
  • Apa arti kata tuberkulosis ?
  • Apa yang dimaksud dengan tuberkulosis ?

Pengertian Tuberkulosis Paru


Pengertian Tuberkulosis Menurut Para Ahli

Arti tuberkulosis adalah :

Pengertian tuberkulosis adalah jenis penyakit infeksius yang menyerang paru-paru, ditandai dengan pembentukan granuloma dan timbulnya nekrosis jaringan. Penyakit tuberkulosis ini bersifat menahun dan bisa menular dari si penderita ke orang lainnya. (Santa dkk : 2009)

Definisi tuberkulosis adalah suatu penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB yaitu Mycobacterium tuberculosis. Mayoritas kuman TB akan menyerang paru, akan tetapi kuman TB bisa juga menyerang organ tubuh yang lainnya. (pengertian tuberkulosis menurut Depkes : 2007)

Pengertian tuberkulosis adalah penyakit infeksius yang menyerang perenkim paru. Agen infeksiusnya adalah Mycobacterium tuberculosis yang merupakan batang aerobik yang tahan asam, tumbuhnya lambat dan agak sensitif dengan panas dan sinar ultraviolet. Penyakit tuberkulosis bisa ditularkan ke bagian tubuh lainnya seperti meninges, tulang, ginjal, dan nodus limfe. (Brunner & Suddarth : 2001)


Pengertian tuberkulosis paru – TBC/TB atau Tuberkulosis adalah salah satu jenis penyakit menular yang mematikan. Bahkan menempati urutan kedua setelah penyakit HIV/AIDS. Penyakit ini timbul karena infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis pada saluran pernapasan yang tersebar atau ditularkan melalui udara lewat air liur yang disemburkan penderita TBC ketika batuk atau bersin.

Organ pernapasan yang paling sering terinfeksi adalah paru-paru. Penyakit ini dapat dikenali melalui gejala-gejala seperti batuk berdahak yang cukup lama sekitar lebih dari 21 hari, demam yang tidak terlalu tinggi namun dalam jangka waktu lama, serta kelelahan. Selain itu berat badan penderita TBC juga menurun karena berkurangnya nafsu makan.

Meskipun cukup mematikan namun bukan berarti penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Langkah pengobatan untuk penyakit ini adalah dengan memberi pasien beberapa jenis antibiotik selama beberapa waktu. Akan tetapi alangkah baiknya melakukan tindakan pencegahan daripada pengobatan yaitu dengan memberikan vaksin BCG atau Bacillus Calmette-Guerin.

Vaksin ini merupakan salah satu vaksin yang wajib diberikan kepada bayi di bawah tiga bulan. Jika sewaktu bayi seseorang belum mendapat vaksin ini maka pemberian vaksin dapat dilakukan ketika masa anak-anak atau ketika sudah dewasa. Namun pengaruh vaksin ini kurang efektif jika diberikan saat usia dewasa.

Penyakit TBC memiliki keterkaitan dengan penyakit mematikan lainnya yaitu HIV/AIDS. Meskipun TBC mudah tersebar dan menulari orang lain melalui udara namun tidak semua orang yang terkena bakteri dari penyakit ini akan langsung menderita TBC. Pada orang-orang dengan kondisi tubuh yang sehat dimana sistem kekebalan tubuhnya sangat baik maka bakteri ini tidak akan berkembang menjadi penyakit TBC, ia akan ‘tertidur’ untuk sementara hingga nanti mungkin akan aktif kembali ketika kondisi tubuh atau daya tahan tubuh orang tersebut memburuk.

Salah satunya pada orang yang sudah terinfeksi virus HIV dimana sistem kekebalan tubuhnya menurun drastis sehingga semakin mempermudah bakteri mycobacterium tuberculosis berkembang menjadi penyakit TBC. Selain itu orang-orang dengan gizi buruk, sistem kekebalan tubuh lemah, atau terpapar bakteri penyebab TBC terus-menerus karena lingkungan yang buruk juga sangat rentan tertular penyakit ini.


Oke itulah penjelasan dan beberapa contoh definisi tuberkulosis menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tuberkulosis paru secara umum ya ! Lihat juga pengertian tubektomi 🙂