PENGERTIAN TULANG BELAKANG PADA MANUSIA


  • Pengertian tulang belakang pada manusia itu apa sih ?
  • Apa fungsi tulang belakang pada tubuh manusia ?
  • Apa yang dimaksud dengan tulang belakang ?
  • Apa struktur tulang belakang dan fungsinya ?
  • Apa itu tulang belakang ?

Pengertian Tulang Belakang dan Fungsinya


Pengertian Tulang Belakang Menurut Para Ahli

Arti tulang belakang manusia adalah :

Pengertian tulang belakang manusia – Jika disebut tulang belakang maka sebagian besar kita yang masih awam tentang ilmu biologi mungkin mengira tulang belakang sama dengan tulang punggung. Hal ini tidak salah namun belum sepenuhnya benar karena tulang punggung adalah salah satu bagian dari tulang belakang.

Sesuai namanya, pengertian tulang belakang pada manusia adalah struktur tulang yang tersusun pada bagian belakang tubuh manusia secara memanjang mulai dari bagian panggul sampai ke leher (bagian bawah tengkorak). Tulang belakang manusia terdiri atas 33 ruas tulang yang tersusun sejajar dan saling bersambungan.

33 ruas tulang belakang ini terbagi dalam beberapa bagian mulai dari 4 ruas tulang ekor (coccyx), 5 ruas tulang sacral, 5 ruas tulang lumbal, 12 ruas tulang dada (thorax), serta 7 ruas tulang leher (cervical). Diantara ruas-ruas tulang ini terdapat sendi kecil yang berfungsi sebagai penghubung dan penyeimbang antar ruas tulang belakang.

Selain sendi juga ada bantalan tulang rawan yang membantu meredam kejutan-kejutan pada tulang belakang. Tulang belakang manusia sangat kuat dan keras namun tetap lentur sehingga manusia dapat bergerak bebas seperti duduk, berjongkok, tegak, berjalan, dan berlari tanpa kesulitan.


FUNGSI TULANG BELAKANG PADA MANUSIA


Apa fungsi tulang belakang manusia ? Tulang belakang dapat dikatakan salah satu bagian tubuh manusia yang sangat penting. Ada beberapa fungsi tulang belakang manusia dalam menyokong aktivitas tubuh diantaranya :

  1. Menopang sekitar 2/3 dari keseluruhan berat badan manusia. Dengan adanya tulang belakang inilah tubuh manusia dapat seimbang dan beraktivitas dengan baik.
  2. Membantu menegakkan struktur tubuh terutama tubuh bagian atas mulai dari dada, bahu, dan kepala.
  3. Sebagai penghubung antara organ tubuh bagian atas dan bawah manusia.
  4. Melindungi 31 susunan saraf penting yang disebut juga sumsum tulang belakang yang meliputi saraf sensorik, motorik, dan sinyal otonom yang terhubung ke otak.
  5. Menyeimbangkan posisi dan letak seluruh persendian pada tubuh manusia sehingga gangguan pada tulang belakang juga menyebabkan ganggguan pada persendian-persendian lain.
  6. Membantu meredam getaran-getaran yang timbul ketika manusia bergerak sehingga tidak mengganggu sistem kerja organ-organ tubuh lain seperti otak.

Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tulang belakang pada manusia dan fungsinya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami fungsi tulang belakang pada manusia secara umum ya ! Lihat juga pengertian tuan rumah 🙂