PENGERTIAN TULANG SANGGURDI DAN FUNGSINYA


  • Pengertian tulang sanggurdi itu apa sih ?
  • Apa itu tulang sanggurdi ?
  • Apa yang dimaksud dengan tulang sanggurdi ?
  • Apa fungsi tulang sanggurdi pada telinga ?
  • Tulang sanggurdi termasuk telinga bagian mana ?

Pengertian Tulang Sanggurdi


Pengertian Tulang Sanggurdi Menurut Para Ahli

Arti tulang sanggurdi adalah :

Pengertian tulang sanggurdi – Selama ini kita mungkin mengira kegiatan mendengarkan adalah sesuatu yang sederhana. Ada sumber suara yang tertangkap oleh telinga kita dan kemudian kita dapat memahami maksud sumber suara tersebut, apakah suara angin, gonggongan anjing, musik, atau pembicaraan lawan bicara. Padahal jika dikaji secara mendetail proses mendengar yang terjadi di dalam tubuh sangatlah rumit.

Mulai dari gelombang suara yang sampai ke telinga melalui media seperti udara, diproses di telinga oleh berbagai organ pendengaran yang rumit, hingga dikirim ke otak melalui saraf pendengaran untuk diproses dan diterjemahkan hingga kita dapat memahami apa maksud suara tersebut.

Kali ini kita akan membicarakan salah satu tulang pendengaran yang ada pada telinga bagian tengah manusia yaitu tulang sanggurdi atau dikenal juga dengan stapes. Tulang sanggurdi terdapat pada alat indra pendengaran.

Pengertian tulang sanggurdi adalah tulang kecil dan ringan yang ada di bagian tengah telinga (tulang sanggurdi termasuk telinga bagian tengah), jika tulang sanggurdi ini rusak atau hilang maka manusia kan kehilangan pendengaran sekaligus kehilangan keseimbangan tubuh. Tulang sanggurdi merupakan salah satu bagian yang menyusun indra pendengaran.

Tulang sanggurdi adalah salah satu dari tiga tulang pendengaran, dua tulang lainnya adalah tulang martil dan tulang landasan. Apa fungsi tulang sanggurdi pada telinga? Tulang sanggurdi berfungsi untuk meneruskan getaran suara menuju ke organ telinga dalam (cochlea).

Dinamakan sanggurdi karena bentuknya yang menyerupai sanggurdi kuda atau alat pijakan kaki yang digunakan ketika menunggang kuda atau hewan lainnya. Tulang ini berukuran sangat kecil dan merupakan tulang terkecil dan paling ringan yang dimiliki manusia. Bersama dengan tulang martil dan tulang landasan merupakan tulang-tulang penyusun pada telinga bagian tengah yang berfungsi meneruskan getaran suara dari telinga bagian luar ke telinga bagian dalam.

Getaran suara dari telinga bagian luar diteruskan ke telinga bagian tengah melalui membran timpani. Pada telinga bagian tengah getaran ini melewati tulang martil, tulang landasan, dan terakhir tulang sanggurdi. Dari tulang sanggurdi inilah kemudian getaran suara dilanjutkan ke telinga bagian dalam melalui tingkap oval yang akan diproses menjadi data-data saraf dan dikirimkan ke otak sehingga otak dapat mengenali dan menerjemahkan suara tersebut. Dalam menjalankan fungsinya tulang sanggurdi dibantu oleh otot stapedius yang berfungsi menjaga kestabilan dengan tingkap oval. Otot ini terletak dan melekat pada tulang sanggurdi.

Otosklerosis atau penyakit kelainan pada tulang sanggurdi yang ditandai dengan pertumbuhan tulang yang tidak normal yang menyebabkan tulang ini tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga terjadi gangguan pendengaran secara perlahan yang lama-kelamaan dapat terus memburuk.

Penyebab penyakit ini masih belum diketahui namun ada kemungkinan disebabkan karena keturunan. Penyakit ini dapat dikenali dari gejala-gejala seperti kemampuan pendengaran yang terus menurun, bahkan jika sudah parah penderita bisa menjadi tuli. Selain itu penderita juga akan mengalami tinitus dimana ia akan mendengar suara-suara abnormal seperti suara mendengung dan menderu namun bukan berasal dari luar telinga. Gejalan lainnya adalah vertigo yaitu sakit kepala yang terasa sangat kuat dan hilangnya keseimbangan penderita.


Oke itulah penjelasan singkat tentang definisi tulang sanggurdi dan fungsi tulang sanggurdi pada telinga. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tulang sanggurdi secara umum ya ! Lihat juga pengertian tendensi 🙂