PENGERTIAN TULANG SPONS DAN FUNGSINYA


  • Pengertian tulang spons dan fungsinya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan tulang spons ?
  • Apa itu tulang spons dan contohnya ?
  • Bagaimana struktur tulang spons ?
  • Apa ciri ciri tulang spons ?

Pengertian Tulang Spons dan Fungsinya


Pengertian Tulang Spons Menurut Para Ahli

Arti tulang spons adalah :

Pengertian tulang spons dan fungsinya – Salah satu unsur penyusun tubuh manusia adalah rangka atau tulang. Meskipun bukan alat gerak aktif seperti otot namun tanpa adanya tulang maka tubuh kita tidak akan bisa berbentuk seperti sekarang, tubuh kita hanya akan berbentuk seonggok daging karena tidak ada rangka untuk membentuk dan menegakkan tubuh. Ada beberapa jenis tulang pada tubuh manusia dan kali ini kita akan membahas mengenai tulang spons. Bagaimana struktur dan fungsi tulang spons ?

Pengertian tulang spons adalah salah satu jenis tulang keras (osteon) atau tulang sejati yang memiliki matriks berpori atau berongga yang diisi oleh jaringan sumsum tulang yaitu sumsum tulang merah yang memproduksi sel darah merah dan sumsum tulang kuning yang berfungsi menyimpan lemak. Karena memiliki struktur berpori maka luas permukaan tulang ini lebih luas dan bermassa jenis lebih kecil daripada tulang kompak. Tulang ini tersusun atas trabeculae atau lempengan yang membentuk anyaman pipih menyerupai bentuk pecahan genting dan memiliki kandungan serat kolagen.

Apa ciri ciri jaringan tulang spons & contoh tulang spons ?

Tulang ini tidak memiliki sistem havers seperti pada tulang kompak sehingga cukup rapuh, ringan, dan tidak sekuat tulang kompak. Oleh karena itu tulang ini biasanya terdapat pada bagian tubuh yang tidak memiliki beban mekanik yang besar. Tulang spons terdapat pada tulang pipih dan tulang pendek. Pada tulang pipih seperti tulang dada, tulang belikat, tulang rusuk, dan lain sebagainya. Sementara pada tulang pendek seperti tulang pada pergelangan kaki dan tangan, ruas-ruas tulang belakang, serta tulang pada tempurung lutut.

Apa fungsi tulang spons? Fungsi tulang spons adalah untuk meredam gelombang-gelombang kejut yang muncul karena berbagai aktivitas manusia seperti melompat, berlari, dan berjalan. Gelombang-gelombang kejut ini akan diserap untuk mencegah pecahnya tulang karena gelombang kejut yang terlalu besar serta menghindari rusaknya rangka yang halus.

Tulang spons juga berfungsi menyebarkan vitamin dan nutrisi ke bagian tulang dan bagian tubuh yang lain melalui jaringan serta pembuluh darah dan kapiler yang dimilikinya. Metabolisme kalsium dan produksi sel darah merah juga terjadi pada tulang ini karena didukung oleh luasnya permukaan tulang dan kandungan jaringan sumsum tulang merah di dalamnya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tulang spons dan fungsinya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tulang spons dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tulang sanggurdi 🙂