PENGERTIAN TUMBUH KEMBANG ANAK


  • Pengertian tumbuh kembang anak itu apa sih ?
  • Apa itu tumbuh kembang anak ?
  • Apa yang dimaksud dengan tumbuh kembang anak ?
  • Apa yang mempengaruhi tumbuh kembang anak ?
  • Faktor apa saja yang mempengaruhi tumbuh kembang anak ?

Pengertian Tumbuh Kembang


Pengertian Tumbuh Kembang Menurut Para Ahli

Arti tumbuh kembang anak adalah :

Pengertian tumbuh kembang adalah suatu proses berkelanjutan mulai dari konsepsi sampai dengan maturitas yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor bawaan. (Soetjiningsih : 2010)

Pengertian tumbuh kembang adalah suatu proses bertahap, dinamis, dan bersimultan pada bayi. Tumbuh kembang ini perlu dilakukan pemantauan secara teratur dan berkala sehingga potensinya bisa dimaksimalkan. (Campbell : 2000)

Pengertian tumbuh kembang anak adalah suatu proses yang sifatnya kontinu, yang dimulai sejak di dalam kandungan hingga dewasa. Di dalam proses perkembangan anak terdapat masa-masa kritis, dimana pada masa tersebut diperlukan suatu stimulasi yang berfungsi agar potensi si anak berkembang. Perkembangan anak akan optimal jika terdapat interaksi sosial yang sesuai dengan kebutuhan anak di berbagai tahap perkembangannya. (Adriana : 2013)

Pengertian tumbuh kembang anak adalah proses yang dinamis dan terus menerus. Pengertian pertumbuhan adalah bertambah besarnya sel di seluruh bagian tubuh. Sedangkan pengertian perkembangan adalah suatu proses pematangan berbagai fungsi organ tubuh pada anak. (Rohan & Siyoto : 2013)


Istilah tumbuh kembang cukup sering kita dengar akhir-akhir ini dimana makin banyak orang yang peduli dengan ilmu parenting. Bagaimana pentingnya peran orangtua dalam membantu tumbuh kembang anak, kegiatan-kegiatan penunjang tumbuh kembang anak, hambatan dalam tumbuh kembang anak, dan lain sebagainya.

Intinya bagaimana menjadi orangtua yang baik dalam mengasuh, mendidik, dan membimbing anak. Sebagian teman-teman mungkin masih ada yang belum memahami maksud dari istilah tumbuh kembang ini, untuk itu mari kita bahas lebih lanjut apa sebenarnya yang dimaksud dengan tumbuh kembang.

Tumbuh kembang merupakan dua kata yang saling berkaitan meskipun memiliki arti yang berbeda. Tumbuh atau pertumbuhan identik dengan perubahan dari segi ukuran baik jumlah, besar, atau dimensi dari sel atau organ tubuh seseorang. Pertumbuhan merupakan sesuatu yang dapat diukur secara kuantitatif.

Contohnya pada manusia dimana pertumbuhannya dimulai dari bayi baru lahir, tumbuh menjadi balita, anak-anak, remaja, dewasa, tua, hingga meninggal dunia. Pada setiap fase pertumbuhannya ditandai dengan pertambahan ukuran organ dan anggota tubuh seperti pertambahan tinggi badan, berat badan, panjang rambut, besarnya suara, dan lain sebagainya.

Sementara kembang atau perkembangan berkaitan dengan perubahan dari segi penyempurnaan fungsi organ dan anggota tubuh secara berangsur-angsur, serta peningkatan dan perluasan emosional, intelektual, serta kapasitas seseorang yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pertumbuhan, lingkungan sekitar, kematangan, serta pembelajaran. Contohnya perkembangan kemampuan komunikasi mulai dari balita hingga anak-anak.

Pada masa balita seorang anak masih cadel dan sulit merangkai kata-kata membentuk kalimat untuk mengatakan keinginannya. Namun sejalan dengan perkembangan organ tubuh dan kemampuan komunikasinya, ketika mencapai masa anak-anak sekitar umur 5-7 tahun ia sudah mulai mampu berbicara dengan lurus dan merangkai kata-kata untuk menyampaikan keinginannya.

Secara fisik perkembangan seseorang dapat dilihat dari makin sempurnanya fungsi dari organ-organ tubuhnya seperti tangan, mulut, lidah, kaki, dan lain sebagainya. Secara intelektual dapat dilihat dari perkembangan kemampuannya seperti dalam hal bermain, berbicara, berhitung, mengenali warna, dan lain sebagainya. Sementara perkembangan emosional dapat dilihat dari kemampuan anak untuk bersosisaliasi dengan teman-temannya, empati kepada kesusahan orang lain, dan lain sebagainya.

Apa yang mempengaruhi tumbuh kembang anak? Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak adalah faktor genetis dan faktor lingkungan bawaan (yang normal maupun yang patologis), jenis kelamin, suku bangsa, keluarga, usia, kelainan kromosom dan kelainan genetik.


Oke itulah penjelasan tentang pengertian tumbuh kembang manusia (pengertian tumbuh kembang anak menurut para ahli). Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian tumbuh kembang anak usia dini secara umum ya ! Lihat juga pengertian tuma’ninah dalam shalat 🙂