PENGERTIAN TUMBUHAN BERHARI PANJANG DAN PENDEK


  • Pengertian tumbuhan berhari panjang dan pendek itu apa sih?
  • Apa perbedaan tumbuhan berhari panjang dan pendek ?
  • Apa itu tumbuhan berhari panjang ?
  • Apa yang dimaksud dengan pengertian tumbuhan berhari panjang ?
  • Apakah yang dimaksud dengan tumbuhan hari pendek berikan contohnya!

Pengertian Tumbuhan Berhari Panjang dan Pendek


Pengertian Tumbuhan Berhari Panjang dan Pendek Menurut Para Ahli

Arti tumbuhan berhari panjang dan pendek adalah :

Pengertian tumbuhan berhari panjang pendek dan netral – Kita sama-sama mengetahui bahwa satu hari sama dengan 24 jam. Dan bagi kita yang tinggal di daerah tropis dan berada di sekitar garis khatulistiwa porsi waktu antara siang dan malam lebih kurang sama yaitu sekitar 12 jam malam hari dan 12 jam siang hari, walaupun ada perubahan atau pergeseran waktu sedikit sepanjang tahun namun tidak signifikan.

Tetapi ada tempat-tempat di belahan dunia lain yang memiliki perbedaan waktu antara siang dan malam yang cukup ekstrem. Seperti di negara-negara Eropa yang saat musim panas siang harinya bisa terjadi selama 18-21 jam, sementara pada musim dingin justru waktu malam lah yang lebih panjang.

Lamanya waktu siang dan malam hari otomatis akan mempengaruhi lama dan intensitas penyinaran matahari yang diterima tumbuhan. Hal ini berpengaruh terhadap kegiatan fisiologis pada beberapa jenis tumbuhan. Tahap perkembangan tumbuhan yang terpengaruh seperti tahap perkecambahan, tahap pertumbuhan vegetatif seperti pertumbuhan akar, daun, dan batang, serta tahap pertumbuhan generatif seperti berbunga, berbiji, dan berbuah.

Berdasarkan pengaruh lamanya waktu siang dan malam hari terhadap perkembangan tumbuhan kita dapat mengelompokkan tumbuhan kepada tiga jenis yaitu tumbuhan berhari panjang, tumbuhan berhari pendek, serta tumbuhan yang sifatnya netral yang tidak terpengaruh oleh perbedaan waktu antara siang dan malam hari.

Apa perbedaan tumbuhan berhari panjang dan berhari pendek serta contoh tanaman berhari panjang dan pendek ?

Pengertuian tumbuhan berhari panjang adalah jenis tumbuhan yang akan berbunga jika panjang waktu siang hari melebihi minimum waktu kritis yang dibutuhkan tanaman berhari panjang yaitu sekitar 12-14 jam. Siang hari lebih lama daripada malam hari sehingga tumbuhan menerima penyinaran yang lebih lama.

Contoh tumbuhan berhari panjang adalah tumbuhan perkebunan hortikultura dan tumbuhan budidaya pertanian seperti oat, kubis atau kol, gandum, selada, lobak, bit, barli, dan lain sebagainya.

Sebaliknya pengertian tumbuhan berhari pendek adalah jenis tumbuhan yang akan berbunga jika panjang waktu siang hari kurang dari maksimum waktu kritis yang diperbolehkan bagi tanaman berhari pendek yaitu sekitar 11-15 jam. Siang hari menjadi lebih pendek daripada malam hari sehingga tumbuhan mendapat penyinaran yang lebih sebentar. Proses terbentuknya bunga dan buah pada tumbuhan sangat dipengaruhi panjangnya hari yang berkaitan dengan suhu yang diterima oleh tumbuhan, perbedaan waktu sedikit saja sekitar 15 menit dapat mempengaruhi berbunga atau tidaknya tumbuhan.

Contoh tumbuhan berhari pendek adalah stroberry, bunga aster, bungan dahlia, bunga krisan, kopi, ubi jalar (mantang), dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan tentang pengertian tumbuhan berhari panjang dan pendek. Mudah-mudahan kalian bisa memahami apa yang dimaksud dengan tumbuhan berhari pendek dan tumbuhan berhari panjang serta contoh tumbuhan berhari panjang pendek dan netral ya ! Lihat juga pengertian tumbuh kembang anak 🙂