PENGERTIAN TUMBUHAN DAN HEWAN ENDEMIK BESERTA CONTOHNYA


  • Pengertian tumbuhan dan hewan endemik beserta contohnya itu apa sih ?
  • Apa contoh tumbuhan dan hewan endemik di Indonesia ?
  • Apa pengertian dan contoh tumbuhan dan hewan endemik ?
  • Apa itu tumbuhan dan hewan endemik ?
  • Apa pengertian endemik dalam biologi ?

Pengertian Tumbuhan dan Hewan Endemik


Pengertian Tumbuhan dan Hewan Endemik Menurut Para Ahli

Arti tumbuhan dan hewan endemik adalah :

Pengertian tumbuhan dan hewan endemik beserta contohnya – Ada begitu banyak jenis hewan dan tumbuhan di bumi. Begitu banyaknya hingga memerlukan suatu sistem yaitu taksonomi untuk mengelompokkan hewan dan tumbuhan ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan tingkatan tertentu. Dibuat semacam kerajaan yaitu kerajaan hewan dan kerajaan tumbuhan dimana pada masing-masing kerajaan terdapat beberapa tingkatan pengelompokkan hewan dan tumbuhan.

Ada jenis hewan dan tumbuhan yang dapat kita temui di berbagai belahan dunia contohnya kucing, anjing, beras, bawang merah, dan lain sebagainya. Namun ada juga jenis hewan dan tumbuhan yang hanya dapat kita temukan di wilayah tertentu saja yang disebut juga dengan tumbuhan dan hewan endemik.

Apakah yang dimaksud dengan tumbuhan dan hewan endemik beserta contohnya ? Apa contoh tumbuhan dan hewan endemik di Indonesia ?

Pengertian tumbuhan endemik adalah jenis tumbuhan yang secara alami hanya terdapat pada wilayah tertentu saja dan tidak ditemukan di wilayah lain. Wilayah di sini bisa dalam ruang lingkup satu provinsi, pulau, negara, atau kawasan zona tertentu. Ada sebagian tumbuhan endemik yang tidak dapat hidup di daerah lain contohnya bunga rafflesia arnoldi, namun ada juga sebagian yang lain yang dapat hidup dan dibudidayakan di wilayah-wilayah lain, contohnya seperti bunga bangkai.

Oleh karena itu tumbuhan endemik disebut sebagai tumbuhan khas suatu daerah dan terkadang dijadikan semacam simbol bagi daerah tersebut. Contohnya bunga rafflesia arnoldi yang secara alami hanya ditemukan di pulau Sumatera bagian selatan dan bunga paruh kakatua (lotus berthelotii) yang hanya ada di kepulauan Canary.

Seperti tumbuhan endemik, pengertian hewan endemik adalah jenis hewan yang secara alami hanya terdapat pada wilayah tertentu dan tidak ditemukan di wilayah lain. Hewan endemik menjadi hewan khas suatu daerah dan sebagian dinamai sesuai dengan nama daerahnya seperti harimau sumatera.

Salah satu hewan endemik Indonesia yang cukup terkenal adalah komodo atau dalam bahasa latinnya varanus komodoensis yang hanya ditemukan di pulau Komodo provinsi Nusa tenggara timur. Bahkan oleh pemerintah pusat pulau ini juga dijadikan kawasan Taman Nasional Komodo yang bertujuan untuk melindungi komodo beserta habitat aslinya.

Indonesia termasuk negara yang kaya dengan berbagai tumbuhan dan hewan endemik. Contoh tumbuhan endemik di Indonesia antara lain : bunga bangkai, anggrek hitam, kayu cendana, matoa, kayu eboni, bunga rafflesia arnoldi, dan lain sebagainya. Sementara contoh hewan endemik di Indonesia adalah : harimau sumatera, orang utan dan siamang, jalak bali putih, burung cendrawasih, buaya irian, walabi, kadal berjumbai, macan tutul jawa, dan masih banyak lagi.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tumbuhan dan hewan endemik beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami apa yang dimaksud dengan tumbuhan dan hewan endemik dan contohnya ya ! Lihat juga pengertian tumbuhan berhari panjang dan pendek 🙂