PENGERTIAN TUMBUHAN EPIFIT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tumbuhan epifit dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tumbuhan epifit ? Apa arti istilah tumbuhan epifit ?
  • Apa ciri morfologi tumbuhan epifit / ciri khusus tumbuhan epifit ?
  • Apa yang dimaksud dengan tumbuhan epifit ?
  • Apa contoh tumbuhan epifit ?

Pengertian Tumbuhan Epifit dan Contohnya


Pengertian Tumbuhan Epifit Menurut Para Ahli

Arti dan contoh tumbuhan epifit adalah :

Pengertian tumbuhan epifit dan contohnya – Jika biasanya kita melihat tumbuhan tumbuh di tanah, di pot, atau di air maka ada jenis tumbuhan yang tidak hidup di tanah atau di media lain melainkan menumpang pada tumbuhan lain. Tumbuhan jenis ini dinamakan tumbuhan epifit atau tumbuhan parasit ruangan.

Apa pengertian tumbuhan epifit beserta contohnya / pengertian dan contoh tumbuhan epifit ?

Secara istilah, kata epifit berasal dari bahasa yunani yaitu “epi” (yang artinya permukaan atau tutup) dan “phyton” (yang artinya tumbuhan atau pohon).

Pengertian tumbuhan epifit adalah tumbuhan hidup menempel pada tanaman lain sebagai penopang hidupnya, tidak berakar pada tanah, ukurannya lebih kecil daripada tumbuhan penopang (inangnya) namun tidak merugikan tumbuhan penopangnya. Hal ini dikarenakan kebutuhan berbagai zat hara pada tumbuhan epifit tidak mengandalkan pada pohon inangnya.

Hal ini senada dengan Lakitan (1993), yang menyatakan bahwa pengertian epifit adalah tumbuhan yang hanya menggantung atau menempel pada tanaman lain namun tidak hidup sebagai parasit pada inangnya.

Menurut Tjitrosoepomo (2007), contoh tumbuhan epifit adalah sebagian besar tanaman tingkat rendah seperti lumut, lumut kulit dan ganggang. Adapula dari jenis paku-pakuan seperti Asplenium, Hymenolepis, Davallia, Drynaria, Cyclophorus, Platycerium, dan Drymoglossum.

Sedangkan contoh tumbuhan epifit pada tanaman tingkat tinggi adalah jenis Orchidaceae seperti Dendrobium & jenis Ficus. Tumbuhan ini pada umumnya tumbuh dan berkembang pada tembok serta bebatuan.

Walaupun hidup menumpang, namun tumbuhan ini tidak seperti tumbuhan parasit yang mengambil makanan dari inang atau tumbuhan tempat ia menumpang. Ia hanya menjadikan inangnya sebagai tempat penyangga atau pendukung tubuhnya. Biasanya tumbuhan ini mencari batang pohon yang tinggi sekitar 30 meter atau lebih sehingga memudahkannya mendapat lebih banyak sinar matahari.

Tumbuhan ini bersifat mandiri dimana ia dapat mencari makanan sendiri meskipun tidak berhubungan dengan tanah atau media lain sebagai penyedia makanan. Tumbuhan epifit mengambil air dari embun, hujan, atau uap air.

Ada beberapa cara atau metode pengambilan atau penyerapan air hujan pada tumbuhan epifit, seperti menggunakan daun khusus sebagai penampung atau menyerap air secara langsung seperti kain menyerap air. Sementara makanan atau zat hara diserap dari debu atau hasil penguraian sisa-sisa tumbuhan lain yang telah mati yang ada di sekitarnya seperti yang menempel pada kulit pohon yang ditumpanginya.

Karena menempel pada tumbuhan lain sehingga sistem perakaran pada tumbuhan ini juga bervariasi tergantung tempat dimana ia menumpang. Seperti di daerah kering dimana sistem perakaran tumbuhan epifit dilengkapi dengan akar napas atau alat khusus agar  ia dapat menempel dengan baik pada tumbuhan inang, sementara di daerah lembab cukup menggunakan sistem perakaran yang sederhana.

Ada juga jenis tumbuhan epifit  yang memiliki sistem perakaran berklorofil dimana proses fotosintesis dapat langsung dilakukan di akar. Contoh tumbuhan epifit seperti  anggrek, paku-pakuan, nanas-nanasan, talas-talasan, sirih-sirihan, dan lain sebagainya.

Meskipun tumbuhan ini tidak mencuri makanan dari inangnya namun keberadaannya sedikit merugikan. Seperti terhalang atau berkurangnya intensitas sinar matahari yang diterima oleh tumbuhan inang karena terhalang oleh akar tumbuhan ini. Atau akar tumbuhan epifit yang tumbuh membesar atau memanjang hingga menembus dan merusak batang tumbuhan yang ditumpanginya yang berakibat terganggunya fungsi-fungsi dalam tumbuhan inang.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tumbuhan epifit dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan pengertian tumbuhan epifit dan contohnya ya ! Lihat juga pengertian tumbuhan dan hewan endemik 🙂