PENGERTIAN TUMBUHAN PARASIT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tumbuhan parasit dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tumbuhan parasit? Apa arti istilah tumbuhan parasit?
  • Apa yang dimaksud dengan tumbuhan parasit ?
  • Apa perbedaan tumbuhan parasit dan epifit ?
  • Apa macam macam tumbuhan parasit ?

Pengertian Tumbuhan Parasit dan Contohnya


Pengertian Tumbuhan Parasit Menurut Para Ahli

Arti tumbuhan parasit adalah :

Pengertian tumbuhan parasit dan contohnya – Di antara sekian banyak jenis tumbuhan ada tumbuhan-tumbuhan tertentu yang tidak mampu hidup mandiri. Ia hidup dengan cara menumpang pada tumbuhan lain (tumbuhan inang) dan mengambil sari makanan inangnya sehingga inangnya menjadi kekurangan makanan bahkan hingga mengakibatkan inangnya mati. Tumbuhan ini disebut dengan tumbuhan parasit.

Pengertian tumbuhan parasit adalah tumbuhan yang sebagian atau seluruh sumber energinya (untuk melangsungkan hidupnya) bergantung pada tumbuhan lain (tumbuhan inang) sehingga mengakibatkan tanaman inangnya akan mengalami kekurangan energi.

Apa contoh tumbuhan parasit? Contoh tumbuhan parasit yang cukup terkenal adalah benalu (loranthus) yang hidup menumpang pada tumbuhan lain yang jika dibiarkan berkembang akan menjadi banyak dan lama-kelamaan menyebabkan inangnya kurus dan akhirnya mati.

Begitu terkenalnya benalu sebagai tumbuhan parasit hingga istilah benalu digunakan sebagai kata kiasan kepada orang-orang yang hidupnya bergantung atau menumpang pada orang lain namun merugikan orang yang menolongnya. Contoh tumbuhan parasit seperti pasilan, kemladean, taliputri, dan lain sebagainya.

Apa saja jenis tumbuhan parasit / macam macam tumbuhan parasit ? Berdasarkan ketergantungannya pada tumbuhan inang,  kita dapat membedakan tumbuhan parasit kepada dua kelompok yaitu semiparasit (partial parasites) dan parasit sempurna (parasit obligat). Apa pengertian tumbuhan parasit obligat dan semi parasit ?

Pengertian tumbuhan semiparasit adalah tumbuhan parasit yang tidak sepenuhnya menggantungkan kebutuhan makanannya pada tumbuhan inang, ia masih mampu memasak makanannya sendiri tetapi juga masih mengambil makanan dari inangnya. Contoh tumbuhan parasit jenis ini adalah striga spp. yang tumbuh pada akar rumput, cassytha spp. dan tapinanthus bangwensis yang menumpang pada cabang-cabang pohon, serta sopubia ramosa yang menumpang pada akar alang-alang.

Pengertian tumbuhan parasit sempurna adalah tumbuhan parasit yang menggantungkan hidup sepenuhnya pada tumbuhan inang. Semua kebutuhan makanannya diserap dari inangnya sehingga tumbuhan jenis ini lebih berpotensi menyebabkan inangnya mati. Bahan jenis tumbuhan ini dapat melepaskan racun dan memakan jaringan pada tumbuhan inangnya. Contoh tumbuhan parasit obligat atau parasit sempurna adalah cuscuta spp. yang menumpang pada perdu dan pohon kecil, rafflesia spp. yang menumpang pada akar ara, orobanche spp, yang menumpang para akar tembakau dan tomat, dan lain sebagainya.

Ada juga istilah setengah parasit (hemiparasit). Pengertian tumbuhan semi parasit adalah tumbuhan yang bersifat parasit hanya pada sebagian masa pertumbuhannya. Contoh tumbuhan semi parasit adalah pohon cendana yang menghasilkan minyak cendana dan kayu cendana. Meskipun tumbuhan parasit dianggap pengganggu dan perusak tanaman lain namun tumbuhan ini ternyata juga memiliki manfaat seperti tumbuhan taliputri yang batangnya dapat digunakan untuk menyuburkan rambut dan mengobati cacingan, atau tumbuhan benalu yang menurut penelitian dapat menghambat pertumbuhan tumor dan kanker serta mengobati penyakit gondok.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tumbuhan parasit dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan perbedaan antara tumbuhan parasit dan tumbuhan epifit ya ! Lihat juga pengertian tumbuhan epifit dan contohnya 🙂