PENGERTIAN TUMBUHAN TINGKAT RENDAH DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tumbuhan tingkat rendah itu apa sih ?
  • Apa contoh tumbuhan tingkat rendah ?
  • Apa itu tumbuhan tingkat rendah ?
  • Apa yang dimaksud dengan tumbuhan tingkat rendah ?
  • Sebutkan macam macam tumbuhan tingkat rendah !

Pengertian Tumbuhan Tingkat Rendah


Pengertian Tumbuhan Tingkat Rendah Menurut Para Ahli

Arti tumbuhan tingkat rendah adalah :

Pengertian tumbuhan tingkat rendah dan contohnya – Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa berdasarkan kelengkapan dan kesempurnaan fungsi organ tumbuhan dibagi menjadi dua kelompok yaitu tumbuhan tingkat tinggi dan tumbuhan tingkat rendah.

Pengertian tumbuhan tingkat rendah adalah kelompok tumbuhan yang struktur tubuh dan perkembangan organ tubuhnya masih sangat sederhana (kebalikan dari tumbuhan tingkat tinggi). Meskipun sebagian ada yang memiliki organ seperti batang, akar, dan daun namun bukan merupakan organ sejati. Tumbuhan ini tidak memiliki bunga dan jaringan pembuluh angkut sehingga penyaluran materi di dalam tubuh dilakukan dengan cara difusi.

Apa contoh tumbuhan tingkat rendah? Apa ciri-ciri tumbuhan tingkat rendah / ciri khas tumbuhan tingkat rendah?

Yang termasuk kelompok tumbuhan tingkat rendah diantaranya tumbuhan belah (schizophyta), tumbuhan talus (thallophyta), tumbuhan lumut (bryophyta), serta tumbuhan paku (pteridophyta). Sesuai namanya tumbuhan belah merupakan tumbuhan yang berkembang biak dengan cara membelah diri dan merupakan tumbuhan bersel satu.

Contoh tumbuhan tingkat rendah yang berkembang biak dengan cara membelah diri adalah bakteri dan ganggang biru. Tumbuhan ini dapat hidup di beragam tempat seperti air, tanah, udara, atau menumpang pada makhluk hidup lain.

Tumbuhan talus memiliki struktur tubuh yang sangat sederhana dimana akar, daun, dan batangnya masih belum dapat dibedakan. Ada yang bersel satu dan ada pula yang bersel banyak. Diantara jenis tumbuhan yang termasuk kelompok tumbuhan talus yaitu ganggang/alga, jamur, dan lain sebagainya.

Lumut merupakan tumbuhan yang dapat kita temukan hampir di seluruh belahan dunia kecuali di laut. Ciri-ciri tumbuhan lumut diantaranya bersifat autotrof sehingga ia mampu membuat sendiri makanannya, hidup di darat, berukuran kecil (ukuran lumut yang paling besar saja kurang dari 50 cm), umumnya berwarna hijau, serta hidup pada pepohonan, kayu, gelondongan, batu, atau tanah.

Sama seperti lumut, tumbuhan paku tersebar hampir di seluruh belahan dunia kecuali daerah kering seperti gurun dan daerah yang memiliki salju abadi. Tumbuhan ini dapat hidup di air, tempat yang lembab, sebagai epifit yang menempel pada tumbuhan lain, atau hidup pada sampah atau sisa-sisa tumbuhan lain. Ciri-cirinya antara lain akar berbentuk serabut, memiliki daun dan batang sejati, tidak memiliki bunga, memiliki daun majemuk, serta berkembang biak secara vegetatif melalui rizom. Meskipun tumbuhan ini sudah memiliki daun dan batang sejati namun belum bisa dikelompokkan kepada kategori tumbuhan tingkat tinggi karena belum menghasilkan biji dalam bereproduksi layaknya tumbuhan tingkat tinggi lainnya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tumbuhan tingkat rendah & contoh tumbuhan tingkat rendah. Semoga artikel pengertian tumbuhan tingkat rendah ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian tumbuhan parasit dan contohnya 🙂