PENGERTIAN TUMBUHAN XEROFIT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tumbuhan xerofit dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tumbuhan xerofit ?
  • Apa yang dimaksud dengan tumbuhan xerofit ?
  • Apa contoh tumbuhan xerofit dan ciri-cirinya ?
  • Apa pengertian dan contoh tumbuhan xerofit ?

Pengertian Tumbuhan Xerofit


Pengertian Tumbuhan Xerofit Menurut Para Ahli

Arti tumbuhan xerofit adalah :

Pengertian tumbuhan xerofit dan contohnya – Kita tentu sering mendengar pesan orangtua yang mengingatkan kita untuk rutin menyirami tanaman di halaman rumah. Tujuannya agar tanaman/tumbuhan tersebut dapat tumbuh dengan baik. Semakin mudah akses air dan semakin subur kondisi tanah menyebabkan pertumbuhan tanaman juga semakin baik. Tanpa pasokan air yang cukup bukan tidak mungkin beberapa jenis tumbuhan menjadi kering dan akhirnya mati.

Namun ada jenis tumbuhan tertentu yang justru mampu hidup di daerah panas dan kering dengan persediaan air yang sangat sedikit dimana kelembaban udaranya sangat rendah seperti daerah gurun yang disebut tumbuhan xerofit.

Pengertian tumbuhan xerofit adalah tumbuhan yang bisa beradaptasi terhadap berbagai kondisi yang ekstrim, khususnya pada saat periode kekeringan. (Albers & Meve : 2002)

Apa contoh tumbuhan xerofit dan ciri-cirinya? Contoh tumbuhan xerofit adalah kaktus, lili gurun, aloevera, kurma, sp senseveria, setawar, dan lain sebagainya.

Ciri ciri adaptasi morfologi pada tumbuhan xerofit antara lain mampu beradaptasi dengan lingkungan yang panas dan kering dimana bagian-bagian tubuhnya turut mendukung penggunaan air secara efektif. Seperti kaktus yang memiliki akar yang panjang dan menyebar untuk mencari air sampai ke tempat-tempat yang jauh dan dalam serta memperluas area penyerapan air. Air yang telah diserap kemudian disimpan di dalam batang. Kaktus juga memiliki daun yang berbentuk duri sehingga penguapan air dapat diminimalisir.

Ada beberapa cara bagi tumbuhan xerofit untuk menghadapi kekeringan diantaranya lolos, menolak, menghindar, serta menahan. Lolos dari kekeringan dalam artian tumbuhan xerofit tersebut memiliki cara untuk mengakses sumber air dan makanan, seperti medicago sativa yang memiliki akar yang dapat memanjang sekitar 7-10 meter hingga dapat mencapai permukaan air tanah.

Menolak kekeringan dalam artian menggunakan cara-cara tertentu agar tidak kekurangan air dan makanan, seperti yang dilakukan kaktus dengan menyimpan cadangan air sebanyak-banyaknya di batang. Menghindari kekeringan dalam artian melakukan penghematan penggunaan air seperti dengan mengurangi penguapan air, merontokkan daun selama musim kering, serta meningkatkan resistensi akar. Yang terakhir menahan kekeringan dalam artian tumbuhan ini benar-benar mampu menolerir tingkat kekeringan yang tinggi seperti lumut dan pakis.


CIRI CIRI TUMBUHAN XEROFIT


Secara umum ciri khas tumbuhan xerofit / ciri ciri tumbuhan xerofit adalah : daun yang tebal dan sempit sehingga dapat membantu mengurangi penguapan air. Bahkan ada yang memiliki daun berbentuk duri dan sisik. Memiliki lapisan kutikula atau lapisan lilin di permukaan tubuhnya untuk meminimalisir transpirasi atau penguapan air. Batangnya tebal dan tersusun atas jaringan spons sebagai tempat penyimpanan air. Dilengkapi pula dengan akar yang panjang dan menyebar sehingga daya jangkaunya lebih luas dan dalam. Ciri-ciri ini menunjukkan bentuk adaptasi morfologi tumbuhan terhadap lingkungan tempat ia hidup. Bagaimana struktur dan bentuk tubuh tumbuhan disesuaikan dengan kondisi lingkungannya agar ia dapat hidup dan tumbuh dengan baik.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tumbuhan xerofit dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan ciri ciri tumbuhan xerofit dan contohnya ya ! Lihat juga pengertian tumbuhan tingkat tinggi dan contohnyapengertian tumbuhan epifit agar kamu bisa mengetahui perbedaan tumbuhan xerofit dan epifit 🙂