PENGERTIAN TUNADAKSA


  • Pengertian tunadaksa itu apa sih ?
  • Apa itu tunadaksa ? Apa arti kata tunadaksa ?
  • Apa yang dimaksud dengan tunadaksa ?
  • Apa ciri-ciri tuna daksa ?
  • Apa penyebab tunadaksa ?

Pengertian dan Ciri-Ciri Tuna Daksa


Pengertian Tunadaksa Menurut Para Ahli

Arti tunadaksa adalah :

Pengertian tunadaksa adalah suatu keadaan yang terganggu atau rusak sebagai akibat dari gangguan bentuk atau hambatan pada otot, sendi dan tulang dalam fungsinya yang normal. Kondisi ketergangguan ini bisa disebabkan oleh kecelakaan, penyakit atau juga bisa disebabkan karena pembawaan sejak lahir. (Sutjihati Somantri, Psikologi Anak Luar Biasa : 2006)

Definisi tunadaksa adalah penderita kelainan fisik, khususnya anggota badan, seperti kaki, tangan atau bentuk tubuh lainnya.Adapun penyimpangan perkembangan terjadi pada bentuk,
ukuran atau kondisi lainnya. (Geniofam : 2010)

Pengertian tunadaksa adalah suatu kondisi ketidakmampuan anggota tubuh dalam melaksanakan fungsinya yang disebabkan oleh berkurangnya kemampuan anggota tubuh untuk
melaksanakan fungsinya secara normal. Penyebab tunadaksa ini bisa diakibatkan karena luka, penyakit atau pertumbuhan yang tidak sempurna. (Mohammad Efendi, Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan : 2006)

Pengertian tunadaksa adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki anggota tubuh yang tidak sempurna, seperti buntung atau cacat. Cacat atau kelainan yang mereka miliki sifatnya menetap pada alat gerak seperti tulang, sendi, dan otot. Penyebab kecacatan pada anggota gerak ini bisa disebabkan oleh virus polio. (Assjari : 1995)


Ketika bergaul dengan teman-teman baik di sekolah, kampus, atau lingkungan sekitar rumah sesekali mungkin kita akan menemui teman yang mengalami ketidaksempurnaan anggota tubuh seperti tidak dapat berjalan dengan normal karena ukuran kakinya lebih kecil dari ukuran normal, tidak dapat memegang gelas dengan baik karena bentuk tangannya yang tidak normal, dan lain sebagainya. Itulah tunadaksa.

Istilah tunadaksa berasal dari kata tuna (kurang atau rugi) dan daksa (tubuh).

Secara umum, pengertian tunadaksa adalah kelainan pada anggota tubuh yang berhubungan dengan fungsi otot, tulang, dan sendi sehingga menyebabkan terganggunya komunikasi, koordinasi antaranggota tubuh, mobilisasi atau pergerakan, adaptasi, serta perkembangan keutuhan pribadi.

Apa penyebab terjadinya tuna daksa ?

Tunadaksa yang diderita seseorang dapat terjadi karena bawaan dari lahir atau disebabkan penyakit atau kecelakaan. Ada orang-orang yang memang memiliki cacat tubuh semenjak lahir seperti bibir sumbing, tidak memiliki lengan, atau tidak memiliki kaki. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal seperti keturunan/genetik, kelainan kromosom, kondisi yang dialami ibu selama kehamilan, dan lain sebagainya.

Ada juga orang yang lahir dengan kondisi normal namun karena terserang penyakit tertentu atau terkena kecelakaan hingga membuat anggota tubuhnya mengalami kecacatan permanen. Contohnya seperti anak yang terserang virus polio hingga membuat ia lumpuh.

Apa ciri-ciri fisik anak tunadaksa / karakteristik anak tunadaksa?

Orang yang mengalami tunadaksa dapat dilihat dari ciri-ciri fisik diantaranya kesulitan bergerak seperti gerakan yang tidak sempurna, tidak lentur, atau tidak terkendali. Anggota gerak tubuh lemah, kaku, atau lumpuh. Memiliki kecacatan pada alat geraknya. Anggota gerak pada tubuhnya tidak lengkap atau tidak sempurna, seperti ukuran tangan yang lebih kecil dari ukuran normal. Sulit melakukan pergerakan seperti duduk, berjalan, dan berdiri, serta memiliki sikap tubuh yang tidak normal seperti posisi berdiri yang tidak tegak. Kondisi jari tangan kaku sehingga sulit untuk menggenggam. Serta hiperaktif atau sangat sulit untuk tenang pada posisi tertentu.

Tidak semua orang yang mengalami tunadaksa khususnya anak-anak dapat menerima dengan baik kondisinya. Sebagian ada yang merasa tidak terima, marah, minder, serta tidak mau atau malu bersosialisasi dengan lingkungan. Apalagi jika tunadaksa yang dialami didapatkan bukan sejak lahir. Sulit bagi seseorang yang sudah terbiasa bergerak normal kemudian tiba-tiba mengalami kecacatan yang membuatnya sulit bergerak. Perlu waktu untuk menenangkan diri dan dukungan dari orang-orang terdekat.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tuna daksa dan karakteristiknya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian dan ciri-ciri tuna daksa secara umum ya ! Lihat juga pengertian tundra dan taiga 🙂