PENGERTIAN TUNAS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian tunas dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa contoh tumbuhan tunas biasa ?
  • Apa yang dimaksud dengan tunas ?
  • Apa jenis tumbuhan berkembang biak dengan tunas ?
  • Tuliskan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas !

Pengertian Tunas dan Contohnya


Arti tunas dan contohnya adalah :

Pengertian tunas dan contohnya – Pernahkah teman-teman memperhatikan pohon pisang atau pohon bambu? Di sekitar pohon pisang atau bambu dewasa biasanya akan ada tunas-tunas pohon baru yang masih kecil. Tunas-tunas ini merupakan calon pohon pisang atau bambu dewasa berikutnya. Ya, dapat kita katakan bahwa tunas adalah tumbuhan muda yang baru tumbuh yang awalnya berbentuk kuncup atau kecambah.

Kuncup sendiri terbentuk atau berasal dari ketiak daun atau ujung batang tumbuhan induk. Sementara kecambah merupakan tahap awal pada perkembangan tumbuhan berbiji berupa embrio pada biji yang berkembang menjadi tumbuhan muda.

Seperti yang kita ketahui tumbuhan dapat berkembang biak melalui dua cara, secara vegetatif dan generatif. Tunas dihasilkan dari perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif (aseksual) tanpa melalui proses perkawinan. Karena berasal dari satu induk sehingga tunas memiliki karakteristik yang identik dengan induknya. Sebuah tunas biasanya terdiri dari batang yang disertai dengan beberapa lembar daun muda, calon bunga, atau calon buah.

Berdasarkan tempat tumbuhnya tunas kita dapat mengelompokkan tunas kepada dua kelompok yaitu tunas biasa dan tunas adventif.

Pengertian tunas biasa adalah tunas yang tumbuh pada bagian ketiak daun dan ujung batang tumbuhan induk. Contoh tumbuhan berkembang biak dengan tunas biasa / contoh tumbuhan tunas biasa adalah bambu, tebu, dan pisang.

Tunas yang tumbuh pada bagian ujung batang disebut juga dengan tunas terminal atau tunas apeks yang berperan dalam pertumbuhan tinggi tumbuhan. Sementara tunas yang tumbuh pada ketiak daun disebut juga dengan tunas lateral atau tunas samping yang berperan dalam pertumbuhan cabang, bunga, dan daun.

Sedangkan pengertian tunas adventif adalah tunas yang tumbuh pada bagian akar dan daun tumbuhan induk dimana bagian tersebut biasanya tidak ditumbuhi tunas, contohnya pada cocor bebek dan sukun.

Meskipun baru berkembang sebagai tumbuhan baru tunas disukai dan kerap dikonsumsi baik oleh hewan maupun manusia. Hal ini disebabkan serat-serat pada tunas belum sepenuhnya berkembang sehingga relatif lebih lunak dibandingkan tumbuhan yang sudah tua. Contohnya seperti tunas bambu atau yang dikenal dengan rebung yang biasanya diolah dengan cara disayur atau digulai, taoge yang merupakan tunas kacang hijau yang biasanya juga disayur atau dilalap, serta tunas kacang polong.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tunas dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami jenis tumbuhan berkembang biak dengan tunas ya ! Lihat juga pengertian tunas pada hewanpengertian tunas adventif agar kamu mengetahui perbedaan tunas biasa dan tunas adventif 🙂