PENGERTIAN TUNAS PADA HEWAN


  • Pengertian tunas pada hewan dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu tunas pada hewan & contoh tunas pada hewan ?
  • Apa yang dimaksud dengan tunas pada hewan ?
  • Jelaskan perkembangbiakan dengan tunas pada hewan !
  • Bagaimana pembentukan tunas pada hewan ?

Pengertian Tunas Pada Hewan


Arti tunas pada hewan adalah :

 Pengertian tunas pada hewan dan contohnya – Pernahkah teman-teman mendengar ada hewan yang bertunas? Saya yakin sebagian besar pasti tidak pernah mendengarnya. Selama ini yang umum kita dengar memiliki tunas hanyalah tumbuhan, seperti tunas pohon pisang, tunas pohon kelapa, tunas tebu, dan lain sebagainya. Sangat jarang kita dengar ada hewan yang bertunas. Padahal dalam ilmu biologi hewan pun ternyata ada yang berkembang biak dengan cara bertunas dimana secara garis besar konsep dan pengertian tunas pada hewan hampir sama dengan konsep tunas pada tumbuhan.

Sama seperti tumbuhan, hewan juga berkembang biak melalui dua cara yakni secara vegetatif (aseksual/tidak kawin) dan secara generatif (perkawinan). Hewan-hewan yang berkembang biak secara vegetatif adalah hewan-hewan tingkat rendah yang struktur tubuhnya belum sempurna. Contohnya seperti amoeba yang merupakan hewan bersel satu, hydra yang meskipun hewan multiseluler namun tidak memiliki tulang belakang dan berukuran sangat kecil, cacing pipih, dan lain sebagainya.

Salah satu metode perkembangbiakan hewan secara vegetatif adalah dengan pertunasan atau budding. Sama seperti tumbuhan, tunas pada hewan berasal dari tubuh induk. Tunas ini dapat berupa tonjolan pada tubuh induk yang terus tumbuh dan melekat pada tubuh induk hingga beberapa waktu. Setelah tunas tersebut cukup dewasa maka ia akan melepaskan diri dari tubuh induknya dan hidup sebagai organisme baru.

Hewan-hewan yang berkembang biak melalui cara bertunas diantaranya hydra, porifera (hewan berpori), serta coelenterata (hewan berongga). Pada hydra tunas akan tumbuh berupa tonjolan yang terbentuk pada bagian samping tubuh induk, sementara pada porifera tunas berada di dalam tubuh induk yang disebut juga gemulae atau kuncup dalam. Jika induknya mati maka tunas ini akan lepas dan hidup sebagai organisme baru.

Bagaimana proses pembentukan tunas pada hewan hydra ?

Proses pertunasan pada hydra dimulai dengan timbulnya kuncup/tunas pada tubuh induk yang merupakan cikal bakal lahirnya hydra. Kuncup/tunas tersebut tumbuh dan berkembang hingga memiliki tentakel dan mulut. Setelah beberapa waktu dan tunas tersebut cukup dewasa maka ia mulai melakukan pemisahan dari tubuh induknya. Dan pada akhirnya tunas tersebut telah benar-benar terpisah dari induknya dan menjadi hydra baru yang ukurannya sekitar 3/5 dari tubuh induknya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tunas pada hewan dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan perkembangbiakan dengan tunas pada hewan ya ! Lihat juga pengertian tunas adventif dan contohnya 🙂