PENGERTIAN TUNDRA DAN TAIGA


  • Pengertian tundra dan taiga itu apa sih ?
  • Apa itu bioma tundra dan taiga ?
  • Apa yang dimaksud dengan tundra dan taiga ?
  • Apa pengertian bioma tundra dan ciri-cirinya ?
  • Apa contoh bioma tundra dan taiga ?

Pengertian Bioma Tundra dan Taiga


Pengertian Tundra dan Taiga Menurut Para Ahli

Arti tundra dan taiga adalah :

Pengertian tundra dan taiga – Bumi yang sedemikian luas dihuni oleh berbagai makhluk hidup, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Persebaran makhluk hidup, terutama hewan dan tumbuhan berbeda-beda di seluruh permukaan bumi. Ada wilayah yang dihuni oleh kelompok tumbuhan dan hewan tertentu, dan ada pula wilayah bumi yang lain yang dihuni oleh kelompok hewan dan tumbuhan yang berbeda.

Hal ini dipengaruhi oleh letak astronomis dan geografis suatu wilayah sehingga mempengaruhi iklim dan jenis makhluk hidup yang mampu hidup dan beradaptasi di sana. Berdasarkan hal ini bagian-bagian bumi dibagi dalam beberapa bioma yaitu tundra, taiga, padang gurun, padang rumput, hutan gugur, dan hutan hujan tropis. Keanekaragaman antara bioma tundra dan taiga merupakan contoh keanekaragaman di tingkat ekosistem. Kali ini kita akan membahas dua jenis bioma yaitu tundra dan taiga.

Apa pengertian bioma tundra dan ciri-cirinya? Bioma tundra terletak di daerah mana?

Pengertian tundra adalah bioma yang terdapat di sekitar lingkar kutub selatan dan utara. Bioma tundra ini terdapat di belahan bumi utara di dalam lingkaran kutub utara yang disebut dengan Tundra artik dan di puncak gunung yang disebut dengan Tundra alpin. Dengan kata lain, pengertian bioma tundra adalah bioma yang berupa padang lumut di daerah yang beriklim dingin.

Secara bahasa, kata tundra artinya dataran tinggi atau daerah pegunungan tanpa pohon. Karena pada bioma ini memang tidak akan kita temui pepohonan yang tinggi seperti pada bioma hutan hujan tropis. Suhu yang begitu rendah membuat tidak ada tumbuhan yang mampu tumbuh tinggi.

Tumbuhan yang mendominasi bioma tundra adalah jenis rumput-rumputan kerdil yang bisa bertahan terhadap suhu udara dingin, lumut, tumbuhan kayu yang pendek, serta tumbuhan biji semusim. Yang termasuk wilayah bioma tundra adalah daerah lingkar kutub utara yang terletak di puncak gunung yang tinggi termasuk Greenland dan sebagian kecil wilayah di kutub selatan. Ini membuat bioma tundra mengalami musim dingin dan panas yang panjang, enam bulan gelap dan enam bulan terang, serta curah hujan yang rendah.

Hewan-hewan yang hidup pada bioma ini adalah jenis hewan yang mampu hidup di suhu rendah yang didukung dengan bulu dan lapisan lemak yang tebal seperti muscox atau bison kutub, penguin, rubah, singa laut, reinder atau rusa kutub, beruang kutub, walrus, dan kelinci salju.

Secara garis besar, ciri-ciri bioma tundra adalah sebagai berikut :

  • Bioma tundra terletak di daerah yang mempunyai ciri beriklim kutub dengan musim dingin yang cukup panjang dan gelap & musim panasnya cukup panjang dan terang secara terus menerus.
  • Tak ada pohon yang tinggi, jikapun ada maka pohon tersebut akan terlihat tebal seperti semak.
  • Curah hujannya sekitar 10 cm per tahun.
  • Contoh flora tundra adalah Spaghnum, lumut kerak, dan perdu.
  • Tumbuhan semusim pada umumnya akan berbunga dengan warna yang cukup mencolok dan masa pertumbuhannya relatif pendek.
  • Contoh hewan tundra adalah rusa kutub, muskox, kelinci, rusa, serigala dan domba.

Sementara pengertian taiga adalah bioma berupa hutan yang dihuni oleh satu spesies pohon seperti pinus, konifer, serta tumbuhan lain yang sejenis. Pada bioma ini terjadi musim dingin yang cukup panjang dan musim panas yang sangat singkat, sekitar 1-3 bulan.

Dibandingkan bioma lain taiga merupakan bioma dengan wilayah terluas yang meliputi wilayah antara kutub dan subtropis seperti Amerika Utara, Rusia, dan Alaska. Kondisi iklim yang cukup ekstrem menyebabkan tidak banyak jenis hewan yang menghuni wilayah ini.

Apa contoh hewan taiga ? Hanya hewan-hewan yang memiliki bulu dan lapisan lemak yang tebal serta mampu mengubah warna bulunya lah yang mampu bertahan. Contoh hewan daerah taiga adalah : beruang hitam, moose, rubah, beruang, ajag, serigala, serta burung-burung yang hanya tinggal ketika musim panas, saat musim dingin mereka akan bermigrasi ke selatan.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tundra dan taiga, ciri ciri bioma tundra dan taiga & contoh bioma tundra dan taiga. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan perbedaan bioma tundra dan taiga secara umum ya ! Lihat juga pengertian tumbuhan monokotil dan dikotil 🙂