PENGERTIAN TUNJANGAN JABATAN


  • Pengertian tunjangan jabatan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan tunjangan jabatan ?
  • Apa pengertian tunjangan jabatan struktural ?
  • Apa pengertian tunjangan jabatan fungsional ?
  • Apa itu tunjangan jabatan struktural dan fungsional ?

Pengertian Tunjangan Jabatan


Pengertian Tunjangan Jabatan Menurut Para Ahli

Arti tunjangan jabatan adalah :

Pengertian tunjangan jabatan adalah tunjangan bagi PNS yang diangkat dalam jabatan fungsional dan jabatan struktural. Besar kecilnya tunjangan tersebut sudah diatur dan ditentukan sesuai jabatan fungsional dan struktrual mereka. (Senja Nilasari dalam buku Panduan Praktis Menyusun Sistem Penggajian & Benefit : 2016)

Lebih jelasnya, pengertian tunjangan jabatan adalah suatu kompensasi yang diberikan kepada PNS yang memiliki jabatan tertentu. Jabatan tertentu tersebut adalah :

  • Jabatan struktural. Contohnya Direktur Jenderal, Kepala Biro, Direktur, Kepala Bagian, Kepala Sub bagian dsb.
  • Jabatan fungsional. Contohnya guru, peneliti, penyuluh pertanian dsb.

Pengertian tunjangan jabatan struktural dan fungsional – Akhir atau awal bulan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh para karyawan dan pegawai karena waktunya penerimaan gaji. Gaji yang diterima setiap bulan merupakan total gaji yang terdiri dari gaji pokok ditambah dengan tunjangan, bonus, dan upah lembur, serta dikurangi potongan-potongan seperti pinjaman ke bank atau koperasi.

Besarnya nilai unsur-unsur tambahan ini berbeda-beda setiap bulan tergantung dari kinerja seseorang. Seperti bonus yang besarnya ditentukan oleh prestasi dan kinerja karyawan, atau upah lembur yang disesuaikan dengan jumlah jam lembur yang dilakoni oleh karyawan tersebut selama satu bulan. Lain halnya dengan tunjangan, ada yang nilainya tetap setiap bulan seperti tunjangan jabatan, namun ada pula yang nilainya berubah-ubah seperti tunjangan transportasi yang disesuaikan dengan jumlah hari kerja karyawan.

Tunjangan merupakan salah satu suplemen atau tambahan pendapatan yang diberikan kepada karyawan di luar gaji pokok. Pemberian tunjangan kepada karyawan berkaitan dengan hal-hal seperti pelaksanaan tugas tertentu, tanggung jawab yang diemban, serta sebagai penunjang atau penyokong kehidupan karyawan. Dengan adanya tunjangan ini diharapakan karyawan akan lebih sembangat dan bergairah dalam bekerja. Kita mengenal beberapa jenis tunjangan seperti tunjangan jabatan, tunjangan anak, tunjangan istri, tunjangan kemahalan, tunjangan makan, dan lain sebagainya.  Kali ini kita akan membahas mengenai tunjangan jabatan.

Pengertian tunjangan jabatan adalah tunjangan yang diberikan berkaitan dengan jabatan yang dipegang seseorang. Semakin tinggi jabatan tentu semakin besar pula tunjangan jabatan yang diterima, sesuai pula dengan besarnya tanggung jawab yang dipikul. Contohnya tunjangan jabatan kepala dinas tentu lebih besar daripada kepala bidang karena tanggung jawab kepala dinas lebih berat daripada kepala bidang. Tunjangan ini biasanya diterima bersamaan dengan penerimaan gaji pokok yaitu setiap tanggal gajian. Tunjangan jabatan bersifat sementara, tunjangan ini akan dihentikan ketika seseorang sudah tidak menduduki jabatan tersebut.

Dalam sistem kepegawaian PNS atau pegawai negeri sipil ada dua jenis tunjangan jabatan yaitu tunjangan jabatan struktural dan tunjangan jabatan fungsional.

Pengertian tunjangan jabatan struktural adalah segala bentuk tunjangan yang berkaitan dengan jabatan yang dipegang seseorang dalam kerangka struktural suatu instansi/lembaga yang sifatnya bertingkat-tingkat.

Sementara pengertian tunjangan jabatan fungsional adalah tunjangan yang berkaitan dengan jabatan seseorang berdasarkan keahlian atau keterampilan yang dimilikinya, seperti tunjangan jabatan yang diberikan kepada dokter, auditor, perawat, peneliti, penghulu, dan lain sebagainya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian tunjangan jabatan struktural dan fungsional. Mudah-mudahan kalian bisa menjelaskan pengertian tunjangan jabatan struktural dan fungsional secara umum ya ! Lihat juga pengertian tunangan 🙂