PENGERTIAN TURBIN DAN JENISNYA


  • Pengertian turbin dan jenisnya itu apa sih ?
  • Apa fungsi turbin ? Apa itu turbin uap ?
  • Apa yang dimaksud dengan turbin angin ?
  • Apa pengertian turbin dan fungsinya ?
  • Apa kegunaan turbin pada generator ?

Pengertian Turbin dan Jenisnya


Pengertian Turbin Menurut Para Ahli

Arti turbin adalah :

Pengertian turbin adalah suatu mesin yang berputar yang mengambil energi dari suatu aliran fluida. Fungsi turbin / manfaat turbin yang paling banyak digunakan adalah untuk memproduksi tenaga listrik.

Pengertian turbin gas adalah turbin yang memanfaatkan gas sebagai fluida kerjanya. Di dalam turbin gas, berbagai energi kinetik dikonversikan atau diubah menjadi energi mekanik berupa putaran yang berguna untuk menggerakkan roda turbin sehingga menghasilkan suatu daya.

Pengertian turbin uap adalah serangkaian alat turbin yang berfungsi untuk yang mengubah energi uap yang mempunyai temperatur serta tekanan yang tinggi menjadi energi mekanik atau putaran.

Pengertian turbin pelton adalah jenis turbin yang digunakan untuk air terjun yang tinggi, yaitu diatas ketinggian 300 meter. Dalam turbin pelton, energi potensial air diubah menjadi energi
mekanik pada roda air turbin melalui proses impuls. Dengan demikian turbin Pelton juga termasuk ke dalam kategori turbin impuls.

Pengertian turbin air adalah jenis turbin yang menggunakan media kerja air untuk menghasilkan energi mekanik berupa putaran poros.


Pengertian turbin dan jenisnya – Semakin menipisnya persediaan bahan bakar tidak terbarukan seperti minyak bumi dan batu bara mengingatkan kita untuk berupaya mencari alternatif sumber energi lain. Masih banyak sumber-sumber energi lain yang belum diolah secara maksimal, contohnya seperti angin dan air.

Energi yang dihasilkan dari pergerakan angin dan air dapat dimanfaatkan salah satunya dengan cara dikonversi menjadi bentuk energi lain sehingga dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan kehidupan. Contohnya seperti memanfaatkan angin untuk menggerakkan kincir angin dimana energi yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk menggiling padi atau sebagai pembangkit listrik. Prinsip kerja kincir angin inilah yang juga diterapkan pada turbin.

Pengertian turbin adalah sebuah mesin penggerak yang memanfaatkan energi dari aliran fluida seperti air, uap, dan gas untuk menggerakkan beban seperti generator, pompa, baling-baling, kompresor, dan lain sebagainya. Secara sederhana sebuah turbin terdiri dari rotor atau roda turbin dan stator atau rumah turbin. Rotor terdiri atas poros atau shaft yang dilengkapi dengan baling-baling atau blade yang menyerupai baling-baling pada kipas angin yang terpasang di sekelilingnya. Aliran fluida yang berupa air, uap air, atau gas diarahkan dan diatur kecepatan gerakannya oleh nosel sehingga mampu menggerakkan baling-baling pada rotor.

Bagaimana cara kerja turbin ? Proses yang terjadi pada turbin dimulai dari aliran fluida secara kontinu yang menumbuk baling-baling rotor membuat baling-baling tersebut berputar sehingga poros pada rotor juga ikut berputar/bergerak. Perputaran poros inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menggerakkan dinamo, generator, atau mesin lainnya.


MACAM MACAM TURBIN


Berdasarkan penyebab beputarnya rotor kita dapat membedakan turbin kepada dua jenis yaitu turbin impus dan turbin reaksi.

Pengertian turbin impuls adalah turbin yang perputaran rotornya disebabkan oleh tumbukan fluida bertekanan yang ditujukan kepada rotor. Sementara pengertian turbin reaksi adalah turbin yang perputaran rotornya disebabkan oleh tekanan fluida yang keluar dari ujung baling-baling melalui nosel.

Berdasarkan jenis fluida yang digunakan kita dapat membedakan turbin kepada tiga jenis yaitu turbin air, turbin uap, serta turbin gas.

Sesuai namanya turbin air memanfaatkan energi kinetik arus air untuk menggerakkan rotor turbin. Turbin uap memanfaatkan energi potensial uap dan merubahnya menjadi energi kinetik. Energi kinetik ini selanjutnya diubah oleh baling-baling menjadi energi mekanik para poros rotor. Sementara turbin gas adalah turbin yang memanfaatkan gas sebagai aliran flulida untuk menggerakkan rotor turbin.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian turbin dan jenisnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian turbin dan cara kerjanya secara umum ya ! Lihat juga pengertian tunjangan jabatan 🙂