PENGERTIAN TURGOR


  • Pengertian turgor kulit itu apa sih ?
  • Apa itu turgor kulit ? Apa arti kata turgor?
  • Apa yang dimaksud tekanan turgor sel?
  • Apa yang dimaksud gerak turgor ?
  • Apa pengertian tekanan turgor pada tumbuhan ?

Pengertian Turgor


Pengertian Turgor Menurut Para Ahli

Arti turgor adalah :

Pengertian turgor kulit adalah tingkat kelenturan kulit untuk menentukan apakah anak kurang cairan atau tidak. Cara pemeriksaan turgor adalah sebagai berikut :

  • Cara yang paling bagus adalah dengan memeriksa turgor di kulit depan tulang dada atau sternum.
  • Cubit dan tarik kulit di tempat itu, kemudian lepaskan.
  • Jika lipatan kulit tersebut kembali dengan cepat, artinya turgor masih baik. Jika kembalinya agak lama maka itu adalah pertanda bahwa turgor sudah jelek.

Pengertian turgor adalah tekanan pada dinding sel oleh isi sel dimana semakin banyak isi sel, maka semakin besar pula tekanan pada dinding sel. (Damanik dkk : 2010)

Pengertian tekanan turgor adalah tekanan yang berasal dari isi sel terhadap dinding sel. Dinding sel pada tanaman mempunyai sifat plastis sehingga turgor akan berpengaruh terhadap tingkat kekerasan sel-sel parenkima dan tekstur bahan. Contoh tekanan turgor pada tumbuhan adalah kekerasan sayur-sayuran segar yang dipengaruhi oleh sel-sel tumbuhan yang masih hidup, jika selnya sudah mati maka sayuran tersebut akan layu dan lembek. (Muchtadi & Sugiyono 1992).

Pengertian gerak turgor adalah gerak yang timbul karena terjadi perubahan turgor pada sel-sel tertentu, dan sifatnya reversible atau elastis.


Tahukah teman-teman apa yang menyebabkan tumbuhan dapat kaku dan tegak? Tidak seperti manusia dan sebagian jenis hewan, tumbuhan tidak memiliki rangka dan otot. Tumbuhan dapat kaku dan tegak karena adanya tekanan turgor.

Secara umum, pengertian turgor adalah tekanan yang bekerja dengan mendorong membran sel terhadap dinding sel dan terjadi pada tumbuhan, fungi, bakteria, dan sel protista, meskipun sel ini tidak memiliki dinding sel. Karena hewan tidak memiliki dinding sel maka mekanisme tekanan turgor tidak akan kita temui pada hewan.

Secara alamiah tumbuhan melalukan osmosis yaitu perpindahan molekul air dari larutan sel yang berkonsentrasi tinggi berpindah atau mengalir (berdifusi) ke larutan sel yang berkonsentrasi rendah melalui membran semipermeabel (dinding sel) sehingga perbandingan air dan partikel menjadi seimbang. Ini dilakukan  agar tekanan pada tumbuhan seimbang dimana kandungan air di dalam sel akan berpindah dari lokasi yang memiliki konsentrasi air tinggi (dimana konsentrasi zat terlarut lebih rendah) ke lokasi dengan konsentrasi air lebih rendah (dimana konsentrasi zat terlarut lebih tinggi).

Apa hubungan tekanan turgor dan tekanan osmotik?  Tekanan turgor berbanding terbalik dengan tekanan osmotik.

Terlihat osmosis yang dilakukan tumbuhan bertujuan agar kondisi tubuh tumbuhan menjadi seimbang antara partikel-partikel terlarut dan air. Namun pada kondisi-kondisi tertentu proses osmosis ini justu merugikan. Seperti jika tumbuhan terpapar larutan luar yang bersifat hipertonik dimana larutan tersebut memiliki kepekatan atau kandungan zat telarut yang jauh lebih tinggi daripada air maka air dari dalam sel akan segera berpindah ke luar sel untuk menyeimbangkan kondisi pada larutan tersebut.

Hal ini menyebabkan sel tumbuhan menjadi plasmolyzed atau terjadi plasmolisis dimana sel tumbuhan kehilangan air dalam jumlah cukup besar sehingga protoplasma lepas dari dinding sel. Hal ini tentu tidak baik bagi tumbuhan karena menyebabkan ia kehilangan air dan menjadi layu karena kehilangan tekanan turgor. Ini menjelaskan mengapa sebagian tumbuhan menjadi layu ketika direndam pada larutan garam dengan konsentrasi tinggi.

Untuk menyeimbangkan kandungan air pada tumbuhan dapat dilakukan dengan mengganti larutan hipertonik dengan hipotonik (encer) yang justru memiliki kandungan air lebih tinggi daripada zat terlarut sehingga terjadi osmosis dan air berdifusi ke dalam sel tumbuhan sehingga tekanan turgor kembali normal dan tumbuhan dapat normal dan tegak kembali.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian turgor dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian turgor kulit & contoh tekanan turgor dalam kehidupan sehari-hari secara umum ya ! Lihat juga pengertian waktu 🙂