PENGERTIAN TURN BACK CRIME


  • Pengertian turn back crime itu apa sih ?
  • Apa itu turn back crime ?
  • Apa arti kata turn back crime ?
  • Apa yang dimaksud dengan turn back crime ?

Pengertian Turn Back Crime


Pengertian Turn Back Crime Menurut Para Ahli

Pengertian turn back crime adalah sebuah kampanye kesadaran global yang dikembangkan oleh INTERPOL dengan menggunakan berbagai saluran media termasuk video, situs dan jaringan sosial yang menyoroti berbagai masalah yang berkaitan dengan kejahatan terorganisir. Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menyatukan polisi, masyarakat umum, pebisnis dan pemerintah untuk mengurangi dampak dari kejahatan terorganisir. (Interpol)

Arti turn back dalam bahasa Inggris adalah usir, sedangkan crime adalah tindak kejahatan. Dengan demikian, secara bahasa arti turn back crime adalah usir atau berantas segala tindak kejahatan. (terjemahan turn back crime)


Pada zaman sekarang aksi kejahatan sudah semakin canggih dan terorganisir. Sudah menyebar ke berbagai lapisan masyarakat mulai dari masyarakat umum, pekerja, pebisnis, pelajar, bahkan atlet olahraga. Misalnya narkoba, pemakai dan pengedarnya berasal dari berbagai kalangan seperti pelajar dan ibu rumah tangga, bahkan para pejabat dan artis pun tidak lepas dari jeratan barang haram ini. Modus operasinya pun bermacam-macam, bahkan sampai di luar pemikiran kita. Seperti membawa narkoba di dalam organ tubuh melalui tindakan pembedahan.

Untuk itu interpol atau International Criminal Police Organization selaku jaringan kepolisian dunia mengkampanyekan slogan turn back crime yang dimulai sejak tahun 2014.  Slogan turn back crime berisi ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari masyarakat umum, instansi pemerintah, sampai publik figur seperti artis untuk bersama-sama melawan kejahatan yang terorganisir. Menyadarkan kita bahwa kejahatan ada di sekitar kita dan kita bisa memeranginya sesuai dengan kapasitas kita masing-masing.

Apa maksudnya terorganisir? Berbagai tindak kejahatan pasti memerlukan sumber dana dimana sumber dana ini didapat dari kejahatan-kejahatan lain seperti transaksi-transaksi ilegal yang beorientasi uang. Contohnya pemalsuan dan pembajakan atau kejahatan dunia maya seperti industri film porno dan pedofilia yang menyerang anak-anak. Jangan sampai transaksi-transaksi ilegal yang kita lakukan seperti membeli film atau lagu bajakan turut menyumbang dana bagi kelompok-kelompok kriminal untuk melakukan kejahatan lain yang lebih besar dan berbahaya seperti membeli senjata atau bom untuk melakukan teror. Selain itu tindakan pemalsuan dan pembajakan juga dapat merugikan orang lain dan mengganggu kestabilan ekonomi.

Sebagai salah satu anggotanya, Indonesia juga turut serta mengkampanyekan slogan turn back crime. Salah satunya dengan sosialisasi slogan ini melalui tulisan di kaos yang sering dikenakan polisi ketika melakukan tugas-tugas tertentu seperti rekonstruksi, olah tkp, atau yang cukup menyita perhatian masyarakat ketika menghadapi teroris pada insiden bom di Sarinah. Sejak saat itu kaos dan slogan tersebut mulai dikenal dan menjadi tren di masyarakat.

Untuk lebih memahami dan mengikuti perkembangan kampanye turn back crime kita dapat mengunjungi situs resminya di http://turnbackcrime.com/. Atau bisa juga melalui media sosial resminya seperti di facebook, twitter, dan instagram.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian turn back crime secara umum ya ! Lihat juga pengertian resolusi monitor 🙂