PENGERTIAN VAKSINASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian vaksinasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu vaksinasi ? Apa arti kata vaksinasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan vaksinasi ?
  • Apa macam-macam vaksinasi / jenis-jenis vaksinasi ?
  • Apa tujuan vaksinasi pada unggas ?

Pengertian Vaksinasi


Pengertian Vaksinasi Menurut Para Ahli

Arti vaksinasi adalah :

Pengertian vaksinasi adalah tindakan memasukkan vaksin ke dalam tubuh yang bertujuan agar tubuh kebal terhadap suatu penyakit tertentu. Contohnya pemberian vaksin DPT untuk mencegah penyakit tetanus, dipteri dan paratipus, pemberian vaksin BCG untuk mencegah TBC dsb. (Johnny Purba : 2002)

Definisi vaksinasi adalah pemberian vaksin khusus untuk meningkatkan atau menimbulkan kekebalan pada diri seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit tertentu. Tujuannya adalah apabila suatu saat seseorang terjangkit penyakit ini maka orang tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menjadi sumber penularan atau hanya mengalami sakit yang ringan saja. (pengertian vaksinasi menurut Depkes)

Pengertian vaksinasi pada ternak adalah suatu pemberian antigen pada ternak untuk merangsang sistem kekebalan sehingga menghasilkan antibodi khusus terhadap berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus dan protozoa. Tujuan vaksinasi adalah untuk membuat hewan ternak menjadi kebal terhadap berbagai penyakit yang menular.


Sering kita dengar himbauan dari lembaga pemerintahan bidang kesehatan betapa pentingnya pencegahan penyakit daripada harus menjalani pengobatan karena tubuh sudah terlanjur terkena penyakit. Salah satu cara untuk mencegah timbulnya penyakit adalah dengan pemberian vaksin atau yang lebih dikenal dengan vaksinasi.

Untuk memaksimalkan manfaatnya vaksinasi diberikan sedini mungkin, bahkan sejak bayi baru lahir. Mulai dari lahir dan dalam periode tertentu vaksinasi diberikan secara bertahap kepada anak. Karena begitu pentingnya vaksinasi, pemerintah dengan gencar mensosialisasikannya bahkan menyediakan layanan vaksinasi gratis para waktu-waktu tertentu. Tidak hanya pada anak-anak, vaksinasi juga diberikan pada orang dewasa ketika akan menikah atau ketika akan ke luar negeri ke tempat yang sedang mewabahnya suatu penyakit.

Apa itu vaksinasi? Vaksinasi adalah kegiatan memasukkan mikroba penyebab penyakit yang sudah dimatikan atau dilemahkan baik dengan cara disuntikkan ke otot, disuntikkan ke lapisan bawah kulit, atau diteteskan ke mulut untuk merangsang sistem kekebalan tubuh atau imunitas sehingga tubuh memproduksi antibodi untuk mencegah timbulnya penyakit.

Vaksinasi memanfaatkan sistem alami pertahanan tubuh dimana tubuh akan langsung menghasilkan antibodi ketika ada zat-zat berbahaya yang menyerang tubuh sehingga dengan vaksinasi merangsang aktifnya antibodi tersebut. Meskipun dalam prosesnya menyertakan mikroba penyebab penyakit akan tetapi vaksinasi diyakini aman karena telah melalui berbagai pengujian dan penelitian.

Vaksinasi jelas bermanfaat bagi orang yang diberi vaksin karena dapat mencegah timbulnya penyakit-penyakit tertentu pada tubuhnya. Selain itu vaksinasi juga dapat menghilangkan kekhawatiran orangtua dan keluarga mengenai kesehatan anak mereka. Dalam ruang lingkup yang lebih luas negara juga diuntungkan dengan adanaya vaksinasi karena dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat. Masyarakat yang sehat tentu lebih aktif dan produktif sehingga negara menjadi lebih maju.

Vaksinasi tidak hanya dilakukan kepada manusia, hewan pun mendapat vaksinasi untuk mencegah timbulnya penyakit pada hewan tersebut. Misalnya vaksinasi pada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, atau vaksinasi pada hewan ternak seperti unggas dan sapi. Kita tentu tidak mau kehilangan hewan peliharaan yang sangat disayangi karena terserang penyakit-penyakit tertentu atau malah tertular penyakit dari hewan tersebut. Demikian pula dengan hewan peliharaan, vaksinasi akan mengurangi kekhawatiran para peternak akan resiko kerugian jika hewan ternaknya terserang penyakit dan mati dalam jumlah besar.


Oke itulah penjelasan pengertian vaksinasi dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian vaksinasi dan manfaatnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian vaksin 🙂