PENGERTIAN VOTING TERBUKA DAN TERTUTUP


  • Pengertian voting terbuka dan tertutup itu apa sih ?
  • Apa itu voting tertutup ?
  • Apa arti kata voting terbuka ?
  • Apa yang dimaksud voting terbuka dan voting tertutup ?
  • Apa contoh voting terbuka dan tertutup ?

Pengertian Voting Terbuka dan Tertutup


Pengertian Voting Terbuka dan Tertutup Menurut Para Ahli

Arti voting terbuka dan tertutup adalah :

Pengertian voting terbuka adalah pengambilan suara melalui perhitungan yang mana proses pengambilan suara tersebut diketahui oleh seluruh peserta voting, peserta musyawarah dsb. Contohnya seperti tunjuk tangan dalam rapat.

Pengertian voting tertutup adalah voting yang tidak diketahui oleh peserta voting lainnya. Contohnya seperti menggunakan kertas yang digulung atau dilipat dan kemudian dikumpulkan dalam sebuah kotak suara.


Sesuai sila ke-4 Pancasila, Indonesia memang mengedepankan prinsip musyawarah. Akan tetapi seringkali kesepakatan dalam musyawarah (mufakat) cukup sulit untuk didapatkan sehingga penentuan terhadap suatu hal harus diselesaikan melalui mekanisme voting. Adanya voting memang termasuk salah satu konsekuensi dari paham demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Oleh karena itu voting sah dilakukan. Voting adalah pengambilan keputusan dengan cara menghitung jumlah suara terbanyak. Persoalannya sekarang adalah apakah voting tersebut dilakukan secara terbuka atau tertutup?

Voting Terbuka

Pengertian voting terbuka adalah voting dimana setiap pemilih memiliki kesempatan untuk melihat hasil pilihan orang lain secara langsung. Voting terbuka biasa dilakukan dengan cara mengacungkan jari tangan bersama-sama atau dengan berdiri bersamaan. Keuntungan dari voting jenis ini ialah setiap orang dapat melihat siapa saja yang mendukung dan siapa saja yang menolak dalam suatu voting. Keterbukaan ini sangat jelas terlihat sehingga setiap orang yang terlibat didalamnya akan sama-sama tahu preferensi pilihan masing-masing. Akan tetapi metode ini memiliki kekurangan karena seseorang berpeluang tidak bisa memberikan pendapatnya secara jernih. Voting terbuka juga memungkinkan seseorang untuk mendapat paksaan dari pihak lain agar ia mau mengubah pilihannya.

Voting Tertutup

Apa yang dimaksud dengan voting tertutup ? Pengertian voting tertutup adalah jenis voting dimana masing-masing pemilih tidak akan bisa mengetahui pilihan orang lain kecuali jika diberitahu secara langsung oleh orang tersebut. Voting tertutup biasanya dilakukan dengan mengisi pilihan di suatu kertas tertentu dan langsung diserahkan kepada panitia. Keuntungan dari voting tertutup ialah terjaganya kerahasiaan pilihan setiap orang sehingga ia dapat lebih bebas menyatakan pilihannya tanpa tekanan dari pihak manapun. Sementara itu kerugian dari voting jenis ini ialah kita tidak akan bisa melihat preferensi pilihan dari para pemilih. Pilihan dari para pemilih hanya bisa diketahui setelah proses perhitungan suara selesai. Itu pun hanya berupa gambaran umum persebaran pilihan tanpa memuat siapa saja yang memilih pilihan tersebut.

Pada dasarnya kedua metode voting ini sama-sama baik. Penggunaannya tinggal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk pemilihan sesuatu yang rawan konflik seperti pemilihan presiden dan ketua umum partai tentu metode voting tertutup lebih aman. Namun apabila yang perlu diputuskan ialah pemilihan destinasi wisata nampaknya metode voting terbuka jauh lebih baik untuk diterapkan.


Itulah penjelasan pengertian voting terbuka dan tertutup secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian voting dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian perspektif global 🙂