PENGERTIAN WAKTU


  • Pengertian waktu dalam fisika itu apa sih ?
  • Apa pengertian waktu dalam sejarah ?
  • Apa itu waktu paruh obat ? Apa arti kata waktu ?
  • Apa yang dimaksud dengan waktu luang ?
  • Apa pengertian waktu menurut Islam ?

Pengertian Waktu


Pengertian Waktu Menurut Para Ahli

Arti waktu dalam kehidupan adalah :

Pengertian waktu adalah seluruh rangkaian yang telah berlalu, sekarang, dan yang akan datang. (M. Quraish Shihab : 2010)

Pengertian waktu dalam Islam adalah waktu itu ibarat pedang, jika kamu tidak menebasnya maka waktu tersebutlah yang akan menebasmu. Dan jika jiwamu tidak disibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan. (Imam Asy-Syafi’iy dinukil oleh Al-Imam Ibnul Qayyim dalam kitabnya Al-Jawaab Al-Kaafi)

Pengertian waktu paruh obat adalah jumlah waktu yang diperlukan obat untuk dimetabolisme dalam tubuh. (Ozgoli, Goli, & Moattar : 2009)

Pengertian waktu luang adalah :

  • Dari segi cara pengisian, pengertian waktu luang adalah waktu yang bisa diisi dengan berbagai aktivitas atau kegiatan pilihan tersendiri, atau waktu yang dimanfaatkan dan digunakan sesuka hati.
  • Sedangkan dari sisi fungsi, pengertian waktu luang adalah waktu yang dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pribadi, sarana rekreasi, mengembangkan potensi diri, sebagai selingan dan hiburan, sebagai kegiatan menghindari sesuatu atau sebagai kompensasi pekerjaan yang kurang menyenangkan.

Pengertian waktu dalam sejarah adalah suatu periode atau masa terjadinya suatu kisah perjalanan kehidupan manusia. Waktu terbagi ke dalam 3 kelompok yakni masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Pendek kata, waktu adalah suatu proses perjalanan dalam sebuah garis waktu, yang dimulai dari zaman dulu, zaman sekarang hingga zaman yang akan datang.


Waktu itu makhluk apa sih? Begitu pentingnya waktu hingga ada orang yang menyamakan waktu dengan uang. Ada juga yang menyamakan waktu dengan pedang. Ada orang tua yang menyesal karena telah meyia-nyiakan waktu mudanya.

Pembahasan mengenai definisi waktu telah dilakukan ilmuan-ilmuan dari berbagai bidang ilmu sejak zaman dahulu. Sehingga mendefinisikan waktu secara utuh dan komplet bukanlah hal yang mudah. Kali ini kita akan membicarakan mengenai definisi waktu mulai dari sudut pandang orang awam.

Secara awam dan sederhana, pengertian waktu adalah saat suatu peristiwa atau keadaan berlangsung atau terjadi. Hari apa sekarang, tanggal berapa adik kita lahir, kapan ujian akhir, kapan Indonesia merdeka, dan masih banyak pertanyaan lain yang semua jawabannya menunjukkan waktu kapan terjadinya peristiwa tertentu.

Pengertian waktu dalam fisika adalah salah satu dari tujuh besaran pokok yang menyatakan ukuran berapa lama berlangsungnya suatu peristiwa. Misalnya lama waktu yang diperlukan untuk bergerak dari rumah ke pasar. Satuan besaran waktu adalah detik dimana standar 1 detik sama dengan lamanya waktu yang dibutuhkan atom cesium -133 untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Selain detik masih ada satuan waktu yang lain seperti menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan seterusnya yang merupakan kelipatan dari detik. Misal 1 menit = 60 detik dan 1 jam = 60 menit.

Ada juga yang mendefinisikan waktu sebagai sesuatu dimana berbagai peristiwa dan keadaan dapat dibedakan dalam hubungan awal dan akhir, sebelum dan sesudah, serta dahulu, sekarang, dan akan datang. Seperti kalimat : Ani lebih dulu lahir daripada adiknya, atau kalimat : Aku tiba di rumah sebelum Ani berangkat ke sekolah.

Waktu juga bisa dipandang dari sisi subjektif seseorang yang menjalani suatu peristiwa sebagai sesuatu yang dapat dirasakan. Misalnya waktu yang dihabiskan seseorang untuk berlibur dan bermain bersama keluarganya. Orang tersebut merasakan masa-masa tersebut sebagai masa yang indah dan menyenangkan. Hitungan waktu yang sama misalnya satu jam dapat dirasakan lebih cepat atau lebih lambat oleh seseorang. Misalnya ketika menunggu teman, lima menit menunggu rasanya sudah seperti berjam-jam. Lain halnya jika bermain game selama satu jam, waktu satu jam terasa begitu cepat berlalu seolah-olah hanya sepuluh menit.


Oke itulah penjelasans singkat tentang pengertian waktu dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian waktu dalam sejarah, waktu luang dan waktu paruh obat secara umum ya ! Lihat juga pengertian turbin dan jenisnya 🙂