PENGERTIAN WEIGHT NOTE


  • Pengertian weight note itu apa sih ?
  • Apa itu weight note ? Apa arti kata weight note ?
  • Apa yang dimaksud dengan weight note ?
  • Apa fungsi weight note document ?

Pengertian Weight Note


Pengertian Weight Note Menurut Para Ahli

Arti weight note adalah :

Pengertian weight note adalah dokumen yang berisi rincian mengenai berat setiap peti atau kemasan barang yang dibawa/dikirim baik berat bersih maupun berat kotor dimana total semuanya akan sama dengan total berat bersih dan berat kotor yang terdapat dalam faktur perdagangan. Dengan adanya dokumen ini kita dapat mengetahui berat sesungguhnya barang yang dikirim.

Definisi weight note adalah surat keterangan mengenai berat barang yang dibuat oleh eksportir dan diketahui oleh surveyor pelayaran.


Dalam perdagangan internasional dimana terjadi transaksi ekspor dan impor ada beberapa pihak yang terlibat seperti pengusaha baik eksportir maupun importir, pelayaran sebagai sarana pengangkutan dan pengiriman barang, perbankan untuk pembiayaan, serta pihak-pihak lain.

Untuk kelancaran transaksi perdagangan dibutuhkan dokumen-dokumen pendukung mulai dari dokumen inti seperti faktur perdagangan, letter of credit, bill of lading, dan polis asuransi sampai dokumen penunjang seperti packing list, measurement list, weight note, dan lain sebagainya. Baik dokumen inti maupun dokumen penunjang memiliki peran yang sama pentingnya.

Kali ini kita akan membahas mengenai weight note atau nota timbangan. Weight note merupakan dokumen yang sangat penting terutama untuk barang yang harganya dihitung berdasarkan berat. Dengan weight note yang tepat maka harga barang dapat ditentukan dengan benar.

Dokumen ini juga sangat berguna ketika barang akan diangkut ke kapal atau alat pengangkutan lain. Dari weight note yang ada dapat diperkirakan apakah barang memungkinkan untuk diangkut ke dalam kapal atau tidak. Harus dipastikan barang yang akan dimuat tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

Selain itu juga dapat ditentukan alat-alat pengangkut barang yang tepat serta cara mengangkut barang sesuai dengan berat barang. Setelah itu weight note juga digunakan untuk menentukan biaya pengiriman barang. Ketika barang sudah sampai di tempat tujuan dokumen ini juga diperlukan oleh importir untuk menentukan alat yang akan digunakan ketika membongkar dan mengangkut barang ke tempat importir.

Dalam pelaksanaannya ada sebuah badan yang ditunjuk pemerintah secara resmi untuk melakukan pemeriksaan barang baik ukuran maupun beratnya sebelum barang dimuat dan dikirim. Nantinya badan inilah yang akan membuat dan menerbitkan weight certificate yang berisi detail berat barang secara pasti. Tetapi bila yang mengeluarkan nota timbangannya adalah eksportir sendiri maka dokumen yang diterbitkan disebut weight note.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian weight note secara umum ya ! Lihat juga pengertian transisi 🙂