PENGERTIAN WISATA


  • Pengertian wisata itu apa sih ?
  • Apa itu wisata ? Apa arti kata wisata ?
  • Apa yang dimaksud dengan wisata ?
  • Apa pengertian wisata bahari ?
  • Apa pengertian wisata alam ?

Pengertian Wisata


Pengertian Wisata Menurut Para Ahli

Arti wisata adalah :

Pengertian wisata adalah suatu kegiatan yang bersifat bersenang-senang (leisure) yang ditandai dengan mengeluarkan uang atau melakukan kegiatan yang sifatnya konsumtif. (Heriawan : 2004)

Definisi wisata adalah suatu proses berpergian yang bersifat sementara yang dilakukan seseorang untuk menuju tempat lain di luar tempat tinggalnya. Motif kepergiannya tersebut bisa karena kepentingan ekonomi, kesehatan, agama, budaya, sosial, politik, dan kepentingan lainnya. (Gamal : 2004)

Pengertian wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia ke luar daerahnya dan sekaligudilakukan manusia ke luar daerahnya dan sekaligudilakukan ifat sementara tidak lebih dari 1 tahun. Tujuannya adalah untuk bersenang-senang, urusan bisnis dsb. (WTO : 1999)

Wisata adalah suatu kegiatan perjalanan yang dilakukan manusia baik perorangan maupun kelompok untuk mengunjungi destinasi tertentu dengan tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daerah wisata, pengembangan diri dsb dalam kurun waktu yang singkat atau sementara waktu. ( UU RI no 10 th 2009)


Setelah sekian waktu menjalani aktivitas sehari-hari seperti bekerja di kantor, mengurus rumah, atau belajar di sekolah, seseorang tentu membutuhkan waktu jeda untuk beristirahat atau menyegarkan pikiran.

Sekali dalam seminggu, sekali dalam sebulan, atau minimal sekali dalam setahun orang-orang biasanya akan meluangkan waktu untuk bepergian atau bertamasya ke suatu tempat yang kebanyakan dilakukan bersama-sama (ada juga yang melalukannya sendirian) dengan tujuan untuk bersenang-senang, melihat-lihat daerah lain, atau menambah wawasan yang disebut dengan wisata.

Biasanya orang-orang akan mengunjungi tempat atau keadaan alam yang indah dan memiliki daya tarik seperti pantai, pegunungan, danau, museum, tempat-tempat bersejarah, dan lain sebagainya yang disebut dengan obyek wisata.

Indonesia sendiri terkenal dengan berbagai obyek wisata mulai dari yang alami berupa pemandangan alam sampai obyek wisata buatan seperti taman bermain dan kebun binatang. Mulai dari Sabang sampai Merauke ada begitu banyak obyek wisata terkenal di Indonesia seperti Raja Ampat di Papua, Pantai Kuta di Bali, Monas di Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, dan masih banyak lagi.

Agar tetap terjaga dan terus berkembang sebuah obyek wisata perlu pengelolaan yang baik. Selain dikelola oleh pemerintah ada pula obyek wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Obyek-obyek wisata ini bahkan menjadi sumber devisa yang besar bagi negara karena banyaknya wisatawan asing yang pergi berwisata ke Indonesia.

Selain itu kedatangan para wisatawan ke lokasi-lokasi obyek wisata juga memberi keuntungan kepada masyarakat sekitar. Masyarakat dapat membuka berbagai usaha di sekitar tempat wisata seperti usaha oleh-oleh, jasa pemandu wisata, dan lain-lain.

Sebuah obyek wisata tentu tidak lengkap tanpa adanya jajanan atau makanan khas daerah yang dapat dinikmati. Di sekitar obyek wisata biasanya kita dengan mudah akan menemui berbagai jajanan khas daerah setempat.

Misalnya jika berwisata ke daerah Sumatera Barat kita akan dipuaskan dengan berbagai makanan seperti dendeng batokok, rendang, sate piaman, katupek gulai paku, kerupuk sanjai, dan masih banyak lagi. Bahkan ada orang yang pergi berwisata khusus untuk mencicipi dan menikmati makanan di setiap daerah yang dikunjungi yang disebut juga dengan wisata kuliner.

Adapun beberapa definisi yang masih terkait dengan kata wisata antara lain :

Pengertian daya tarik wisata adalah suatu bentuk dari segala fasilitas maupun aktivitas yang dapat menarik pengunjung atau wisatawan untuk datang ke tempat tertentu. (Marpaung : 2002)

Pengertian wisata budaya adalah kegiatan wisata yang bertujuan untuk mengenali hasil kebudayaan setempat seperti upacara adat, lagu daerah, rumah adat, tarian daerah dsb. (Drs. Sudjatmoto Adiksukarko dkk : 2006)

Pengertian wisata bahari adalah wisata dengan destinasi berupa wilayah pantai dan alam laut.

Pengertian wisata alam adalah wisata dengan destinasi berupa wilayah alam bebas seperti hutan, pegunungan, bukit, dsb.

Pengertian wisatawan adalah sebutan bagi orang yang melakukan perjalanan wisata.

Pengertian objek wisata adalah tempat tujuan wisata utama yang dijadikan tempat rekreasi bagi para wisatawan.


Oke itulah beberapa contoh pengertian wisata menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian wisata secara umum ya ! Lihat juga pengertian investor dan investee 🙂