PENGERTIAN XENOSENTRISME DAN CONTOHNYA


  • Pengertian xenosentrisme dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu xenosentrisme ? Apa arti kata xenosentrisme ?
  • Apa yang dimaksud dengan xenosentrisme ?
  • Apa contoh sikap xenosentrisme dalam kehidupan sehari-hari ?

Pengertian Xenosentrisme


Pengertian Xenosentrisme Menurut Para Ahli

Arti xenosentrisme adalah :

Pengertian xenosentrisme adalah suatu sikap dimana orang menilai rendah kebudayaan sendiri / lokal dan menilai tinggi kebudayaan asing. Paham xenosentrisme berasal dari sikap individu yang kurang percaya diri dan merasa inferior. Contoh sikap xenosentrisme : seseorang yang merasa bangga jika memakai produk asing / luar negeri. Dia akan merasa harga dirinya meningkat jika dia memakai pakaian buatan Amerika, memakai parfum Prancis dsb meskipun sebenarnya mutu produk tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan produk buatan Indonesia. (Raho : 2014)


Ada sebagian orang yang sangat memuja segala sesuatu yang berasal dari luar, baik dari luar negeri atau dari luar daerahnya. Segala sesuatu yang berasal dari luar dianggap selalu lebih baik, lebih bagus, lebih berkualitas, pokoknya lebih dari apa yang dimiliki oleh daerah, suku, atau negaranya. Paham, sikap, atau kecenderungan seperti ini disebut dengan xenosentrisme.

Contohnya saja jika kita berbelanja ke pusat-pusat perbelanjaan. Barang-barang impor dari luar negeri biasanya lebih laris terjual walaupun rata-rata dipatok dengan harga tinggi. Bahkan untuk barang seperti sandal jepit pun ada orang yang rela membeli dengan harga mahal asalkan sandal jepit impor.

Ada semacam kebanggaan menggunakan barang-barang impor dan keyakinan bahwa barang impor pasti lebih berkualitas daripada barang lokal. Padahal jika kita hitung-hitung kembali ada tambahan biaya bea dan cukai ketika kita membeli barang impor, belum lagi biaya pengiriman barang yang lebih besar karena barang berasal dari tempat yang jauh sehingga barang impor kebanyakan lebih mahal daripada barang lokal.

Tidak hanya seputar masalah materi, xenosentrisme berlaku secara umum yang juga meliputi kecenderungan terhadap gagasan dan gaya hidup di luar diri seseorang. Menganggap gagasan dan gaya hidup suku atau daerah lain di luar dirinya lebih baik. Contohnya orang Amerika yang anti gaya hidup Amerika yang kapitalis yang berorientasi pada materi sehingga ia pergi dari negaranya dan menjalani hidup di tempat lain yang memiliki gaya hidup non-Amerika. Atau orang Indonesia yang merasa malu dengan budaya sendiri dan malah mengikuti gaya hidup orang luar.

Xenosentrisme tidak serta merta sesuatu yang negatif, jika disikapi dengan benar juga akan berdampak positif bagi diri dan daerah atau negara sendiri. Dengan memandang bahwa segala seuatu yang berasal dari luar lebih baik dari apa yang kita miliki akan memacu kita untuk berupaya menjadi lebih baik lagi. Misalnya dalam hal produksi barang. Sikap xenosentrisme membuat kita giat belajar dan berusaha agar produk yang kita hasilkan kualitasnya terus meningkat sehingga tidak kalah dengan produk luar.

Akan tetapi xenosentrisme juga harus diwaspadai karena berpotensi mengikis jiwa nasionalisme kita sebagai warga negara. Menghilangkan kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia dan merasa rendah diri diantara warga negara lain di dunia.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian xenosentrisme beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian sikap xenosentrisme secara umum ya ! Lihat juga pengertian konspirasi 🙂