PENGERTIAN YUSTISI


  • Pengertian yustisi itu apa sih ?
  • Apa itu yustisi ? Apa arti kata yustisi ?
  • Apa yang dimaksud dengan yustisi ?
  • Apa yang dimaksud operasi yustisi ?
  • Apa pengertian yustisi dan non yustisi ?

Pengertian Yustisi


Pengertian Yustisi Menurut Para Ahli

Arti yustisi secara bahasa adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan peradilan atau kehakiman. Di Indonesia, yustisi juga bermakna sebagai suatu “penegakan hukum” atau “razia”. Contoh : tugas yustisi dalam kepolisian adalah melakukan segala usaha dan kegiatan yang bertujuan untuk membantu tugas kehakiman dalam memberantas pelaku tindak pidana dengan cara menangkap, memeriksa dan menahan terpidana.

Pengertian  yustisi adalah suatu upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh para penegak hukum dengan menggunakan sistem peradilan di tempat.

Pengertian non yustisi adalah upaya penegakan hukum oleh penegak hukum melalui pendekatan yang sifatnya lebih ke arah preventif (pencegahan) terhadap segala sesuatu yang berpotensi atau mempunyai kecenderungan untuk mencipkatan suatu pelanggaran hukum.


Istilah yustisi digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan kehakiman, peradilan, atau penegakan hukum, misalnya istilah operasi yustisi kependudukan atau yang disingkat OYK yang dijalankan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta. Operasi ini berupa razia terhadap para pendatang baru yang tidak memenuhi syarat seperti tidak mempunyai pekerjaan yang jelas sehingga berkemungkinan untuk menambah jumlah preman, gelandangan, atau pengemis di Jakarta. Karena seperti yang kita ketahui bahwa penduduk Jakarta sudah sangat padat akan tetapi masih memiliki daya tarik besar yang membuat banyak orang ingin hidup dan mencari uang di sana walaupun tidak memiliki kemampuan dan keterampilan.

Sebagai negara kepulauan yang terdiri dari 34 provinsi tentu ada begitu banyak urusan yang menjadi tanggung jawab pemerintah. Untuk itu setiap daerah diberi kewenangan untuk mengatur urusan daerah masing-masing seperti urusan perencanaan pembangunan, tata ruang/kota, sarana dan prasarana, kesehatan, dan lain sebagainya. Namun ada beberapa urusan yang tetap menjadi kewenangan pemerintah pusat, salah satunya urusan yustisi.

Pengertian yustisi adalah berbagai urusan yang berkaitan dengan penegakan hukum seperti membuat undang-undang, membuat peraturan pemerintah, mendirikan lembaga-lembaga peradilan, mendirikan lembaga pemasyarakatan, pemberian keringanan hukuman seperti grasi, amnesti, dan abolisi, mengangkat para penegak hukum seperti hakim dan jaksa, dan lain sebagainya.

Urusan yustisi adalah urusan yang menyangkut hajat hidup orang banyak sehingga kewenangannya masih dipegang pemerintah pusat. Akan sangat berisiko jika misalnya pemerintah daerah memiliki kewenangan seperti membuat undang-undang atau peraturan yang berskala nasional. Dikhawatirkan undang-undang yang dibuat lebih menguntungkan daerahnya sehingga daerah lain merasa tidak terima dan protes sehingga menjadi ricuh. Belum lagi jika objek peraturan yang sama dengan isi yang bertentangan dibuat oleh beberapa pemerintah daerah. Hal ini akan menyebabkan ada undang-undang yang saling bertentangan.

Ada pula istilah tim yustisi yang dibentuk dalam rangka menegakkan hukum dan menertibkan masyarakat. Biasanya anggotanya terdiri dari gabungan petugas Satpol PP, polisi, dan pemerintah daerah setempat yang akan melakukan pemeriksaan rutin untuk mengantisipasi penyakit-penyakit masyarakat atau pekat seperti merazia anak jalanan dan psk, menertibkan warung remang-remang, menertibkan pedagang kaki lima, dan lain sebagainya. Di berbagai daerah tim yustisi ini terbukti mampu menertibkan berbagai pelanggaran di masyarakat.


Oke itulah penjelasan yustisi secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian yustisi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian ajudikasi dan contohnya 🙂